Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran tari kreatif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Tari kreatif merupakan salah satu metode pengembangan kecerdasan kinestetik yang dapat diterapkan pada pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini mengggunakan metode Single Subject Research (SSR) untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran tari kreatif dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik pada subjek penelitian yang merupakan 6 orang anak usia dini berusia 4-5 tahun di salah satu Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Purwakarta. Penelitian dilakukan melalui tiga fase yang meliputi baseline 1, intervensi dan baseline 2. Hasil penelitian dapat menunjukkan adanya peningkatan pada kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun yang dilakukan melalui pembelajaran tari kreatif. Adapun skor yang diperoleh dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kecerdasan kinestetik anak meningkat ke dalam kategori berkembang sangat baik setelah diterapkannya pembelajaran tari kreatif. Dengan demikian, penerapan pembelajaran tari kreatif efektif dalam memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Rina Nur Sholihatunnisa, Idat Muqodas, Gia Nikawanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adibah, L., Dewi, F., & Nikawanti, G. (2023). Upaya Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Petak Jongkok. Jurnal Pendidikan: Seroja, 2(3), 86–97. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.875
- Agus, I. G. K. A., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864
- Fiah, R. E. (2020). Perkembangan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Taman Kanak-Kanak (TK). Depok :PT Rajagrafindo Persada.
- Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 147. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504
- Gilbert, A. G. (2015). Creative Dance For All Ages. USA: America Shape.
- Kurniasih, S. (2019). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Bermain Tari Kreasi di TK B Nurul Ilmi Bekasi. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 42–57.
- Maranatha, J. R., Wulandari, H., & Chyndiana, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20093
- Mayasarokh, M., Darmayanti, & Ahdiani Hayati, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kecerdasan Kinestetik. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 433–439. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3088
- Meitarani, L. (2019). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreatif Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assaid Larangan. Instruksional, 1(1), 32. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.32-42
- Michelaki, E., & Bournelli, P. (2016). The Development of Bodily - Kinesthetic Intelligence through Creative Dance for Preschool Students. Journal of Educational and Social Research, 6(3), 23–32. https://doi.org/10.5901/jesr.2016.v6n3p23
- Mukarromah, M. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kreasi di PAUD Al- Jihad. 4(1), 1–23.
- Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media.
- Muqodas, I., Abdullah, A., Yuliyanto, A., & Putri, H. E. (2020). Mind Mapping as an Academic Approach to Improve the Multiple Intelligences. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 13(8), 1015–1026. www.ijicc.net
- Muqodas, I., Putri, H. E., Yuliyanto, A., & Agustin, M. (2020). The Development of Multiple Intelligence and Self Efficacy in Primary School Students. 462(Isgc 2019), 294–297. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.065
- Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk: Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Retreived from https://repository.ut.ac.id/4713/.
- Nunzairina. (2023). Meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan tari kreasi pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 157–167.
- Nurdin, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Menghias Kelas terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 699–708. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.384
- Nuriana, E., & Yanuartuti, S. (2020). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini Melalui Creative Dance di RA Perwanida Ringinanaom. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 224–230. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.974
- Purdhani, L. T., Wulandari, H., & Muqodas, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20093
- Saripudin, A., Mulyana, A., & Fitriyah, N. M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Cyber Education, 1(2), 60–71.
- Sit, M., Thifali, N., Nisa, K., Turtati, A., Maghfiroh, N., Rangkuti, H., & Syahputri, N. (2023). Upaya Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui Bermain Sirkuit pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1707–1715.
- Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tinggal Pendidikan Dengan Subjek Tunggal. Cricet: Universitas Tsukuba, 59.
- Thalia, S., Sit, M., & Sapri. (2018). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Pada Kelompok B di Bandar Klippa. Jurnal Raudhah, 06(02), 2.
- Ula, S. S. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Wulandari, H. (2024). Model Tari Kreatif Guru Paud Dalam Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak. Banyumas: PT Pena Persada Kerta Utama.
- Wulandari, H., Ardiyanti, D., Syafarilaila, N., Khadijah, S., Alfat, N., Khotimah, Y., & Rahayu, R. (2021). Tari Kreatif Anak Usia Dini Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang:Media Edukasi Indonesia.
- Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta pada Kelompok B). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400. https://doi.org/10.21009/jpud.102.11
- Yuliyanto, A., Amalia, D. M., & Muqodas, I. (2020). Use of instagram to improve verbal-linguistic intelligence and kinesthetic-body intelligence of low-class students through scientific approach in primary schools. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 112. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6344
References
Adibah, L., Dewi, F., & Nikawanti, G. (2023). Upaya Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Petak Jongkok. Jurnal Pendidikan: Seroja, 2(3), 86–97. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.875
Agus, I. G. K. A., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864
Fiah, R. E. (2020). Perkembangan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Taman Kanak-Kanak (TK). Depok :PT Rajagrafindo Persada.
Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 147. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504
Gilbert, A. G. (2015). Creative Dance For All Ages. USA: America Shape.
Kurniasih, S. (2019). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Bermain Tari Kreasi di TK B Nurul Ilmi Bekasi. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 42–57.
Maranatha, J. R., Wulandari, H., & Chyndiana, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20093
Mayasarokh, M., Darmayanti, & Ahdiani Hayati, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kecerdasan Kinestetik. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 433–439. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3088
Meitarani, L. (2019). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreatif Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assaid Larangan. Instruksional, 1(1), 32. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.32-42
Michelaki, E., & Bournelli, P. (2016). The Development of Bodily - Kinesthetic Intelligence through Creative Dance for Preschool Students. Journal of Educational and Social Research, 6(3), 23–32. https://doi.org/10.5901/jesr.2016.v6n3p23
Mukarromah, M. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kreasi di PAUD Al- Jihad. 4(1), 1–23.
Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media.
Muqodas, I., Abdullah, A., Yuliyanto, A., & Putri, H. E. (2020). Mind Mapping as an Academic Approach to Improve the Multiple Intelligences. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 13(8), 1015–1026. www.ijicc.net
Muqodas, I., Putri, H. E., Yuliyanto, A., & Agustin, M. (2020). The Development of Multiple Intelligence and Self Efficacy in Primary School Students. 462(Isgc 2019), 294–297. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.065
Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk: Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Retreived from https://repository.ut.ac.id/4713/.
Nunzairina. (2023). Meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan tari kreasi pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 157–167.
Nurdin, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Menghias Kelas terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 699–708. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.384
Nuriana, E., & Yanuartuti, S. (2020). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini Melalui Creative Dance di RA Perwanida Ringinanaom. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 224–230. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.974
Purdhani, L. T., Wulandari, H., & Muqodas, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20093
Saripudin, A., Mulyana, A., & Fitriyah, N. M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Cyber Education, 1(2), 60–71.
Sit, M., Thifali, N., Nisa, K., Turtati, A., Maghfiroh, N., Rangkuti, H., & Syahputri, N. (2023). Upaya Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui Bermain Sirkuit pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1707–1715.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tinggal Pendidikan Dengan Subjek Tunggal. Cricet: Universitas Tsukuba, 59.
Thalia, S., Sit, M., & Sapri. (2018). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Pada Kelompok B di Bandar Klippa. Jurnal Raudhah, 06(02), 2.
Ula, S. S. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wulandari, H. (2024). Model Tari Kreatif Guru Paud Dalam Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak. Banyumas: PT Pena Persada Kerta Utama.
Wulandari, H., Ardiyanti, D., Syafarilaila, N., Khadijah, S., Alfat, N., Khotimah, Y., & Rahayu, R. (2021). Tari Kreatif Anak Usia Dini Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang:Media Edukasi Indonesia.
Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta pada Kelompok B). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400. https://doi.org/10.21009/jpud.102.11
Yuliyanto, A., Amalia, D. M., & Muqodas, I. (2020). Use of instagram to improve verbal-linguistic intelligence and kinesthetic-body intelligence of low-class students through scientific approach in primary schools. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 112. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6344