Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini menghasilkan “E-Book Cerita Bergambar” yang dapat menstimulasi keterlambatan berbicara pada anak usia 4-6 tahun yang sangat layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode yaitu penelitian dan pengembangan atau (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), and Evaluation (Evaluasi). Uji coba kelompok kecil dilaksanakan pada satu sekolah, sedangkan kelompok besar dilaksanakan pada tiga sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan e-book cerita bergambar dapat dikatakan bahwa sangat layak dari segi materi dan media dengan persentase skor masing-masing 96% dan 94%. Hasil dari validasi oleh ahli materi dan ahli media berada pada kategori sangat layak dengan keterangan sangat baik untuk digunakan. Sementara itu, hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dinilai sangat layak dengan persentase skor masing masing uji coba kelompok kecil sebesar 80% dan uji coba kelompok besar sebesar 83%, dengan persentase skor kumulatif sebesar 92,5%, dari hasil uji coba produk pada kelompok kecil dan kelompok besar tersebut menyatakan bahwa anak dapat mengucapkan kosakata dengan baik dan tepat, serta anak dapat melakukan pengulangan kata yang sesuai. Berdasarkan hal tersebut, maka produk yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak untuk digunakan dalam menstimulasi keterlambatan berbicara pada anak usia 4-6 tahun.

Keywords

e-book cerita bergambar keterlambatan berbicara

Article Details

How to Cite
Fa’izah, H. N., Sutama, I. W., & Anisa, N. (2024). Pengembangan E-BOOK Cerita Bergambar Untuk Menstimulasi Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.249-258

References

  1. Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (speech delay) pada Anak Ssia 6 tahun di RA An-Nuur Subang 8 (Vol. 1).
  2. Aminah, S. (2022). Mengenal Speech Delay Sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 8(2), 79-84.
  3. Anggraini. (2011). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak (Studi Kasus Anak Usia 5 Tahun).
  4. Filsah Muslimat, A., & Hadrawi Universitas Hasanudin, M. (2020). Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik.
  5. Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015.
  6. Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.
  7. Jannah, W., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Media Pop-Up Abjad. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 178-184.
  8. Ketut Sumiati, N., & Ayu Tirtayani, L. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230.
  9. Khasanah, Z. (2020). Identifikasi Buku Cerita Pada Anak Taman Kanak-Kanak Se Gugus Iii Di Kecamatan Kretek. Pendidikan Guru Paud S-1, 9(5), 438-446.
  10. Nahdatul Aulia Andesta, A. (2023). Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Parupuk Tabing. Journal of Childhood Education, 7(1), 165–176.
  11. Niati, W. (2019). Peran Guru Paud dalam Menstimulasi Perkemangan Bahasa Anak pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita Kab. Seluma. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 38–48.
  12. Nugraha, F., & Rukiyah, R. (2022). Analisis Kemampuan Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia (3-4) Tahun di Kelurahan Bukit Lama Palembang. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2), 171–182. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.11752
  13. Nurfadillah, S., Riswanti, C., Mufliha, D., & Solatun, S. (2022). Jurnal Penelitian Guru Indonesia Pendidikan Inklusi: Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Siswa Sdn Sukasari 5.
  14. Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7.
  15. Oktavia Siregar, A., Hazizah, N. (2019). Studi Kasus Keterlambatan Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-kanak: Journal on Early Childhood, 2(2), 22–27.
  16. Rahmaniyah, A., Kania, D., Ela, N., Nurhamidah, S. D., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar “Kino Dan Kiya Anak Sholeh” Sebagai Media Dakwah Untuk Siswa Sd Kelas 1. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 828-837.
  17. Ratih, P. S., & Nuryani, N. (2020). Analisis Keterlambatan Berbicara (Spech Delay) Pada Anak Study Kasus Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Konfiks, 7(1), 9-15.
  18. Rizkiyah, P., Mallevi, & Ningrum, A. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4, 2655–6561.
  19. Wulandari, M., & Satriyani, F. Y. (2023). Pengembangan Buku Digital Cerita Bergambar Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 544-556.
  20. Yulianda, A. (2019). 41 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Pada Anak Balita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(2)