Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada perkembangan anak, salah satunya yaitu anak speech delay pada perkembangan bahasa dengan intervensi untuk mengatasi anak speech delay menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan dan wawancara kepada guru kemudian observasi terhadap anak yang mengalami speech delay. Hasil yang didapatkan bahwa anak mengalami speech delay dengan beberapa indikator perkembangan bahasa pada anak khsususnya kemampuan berbicara anak mengalami keterlambatan sehingga dilakukannya intervensi. Intervensi yang dilakukan kepada anak sepach delay menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara anak dari yang belum mampu hingga menjadi mampu dengan adanya kolaborasi orangtua dan guru serta adanya dukungan media dan treatmen yang berulang-ulang sehingga mampu mengembangkan kemampuan bahasa anak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Intervensi Anak Speech Delay Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. (2024). Jurnal Ilmiah POTENSIA, 9(2), 259–267. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.259-267

Referensi

    Aurelia, T., Rahminawati, N., & Inten, D. N. (2022). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 69–78. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3504
    Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.
    Dian Oktary, Arien, W., Syafitra, V., Permata, D. I. A., Hanifah, B., Azzahra, N., Rahmawati, A., & Indria, S. (2022). Keterampilan Bicara (Speed Delay) pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(11), 1707–1715.
    Dwiprima. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional. 2(5). 102-109
    Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
    Fadni, S. N. (2023). Upaya Meningkatka Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Gambar(Flash Card) dan Video Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 226–235
    Furaida, I. D., Azizah, N., Leonida, F. D. E., Khuril’Aini, Yusmar, F., Mahardika, I. K., & Fadilah, R. E. (2023). Pengaruh Lingkungan Informal terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. FKIP E-Proceeding, 25–28
    Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
    Inayati, A., & Rini, S. (2023). Analisis Berbicara dan Permasalahannya Pada Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Sekolah, 7(2), 249–258
    Jones, L., & Miller, H. (2019). The role of teacher in early detection of speech delay. International journal of special education. 28(3), 45-58
    Lestari, N. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Cet. 1. Jawa Tengah: Lakeisha
    Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.
    Rabhany, A. T., & Setiawan, H. (2023). Analisis Fisiologi Terhadap Penderita Gangguan Berbicara Cadel pada Usia Dewasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7803849
    Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97.
    Ratih, P. S., & Nuryani, N. (2020). Analisis keterlambatan bicara (speech delay) pada anak study kasus anak usia 10 tahun. Konfiks jurnal bahasa dan sastra Indonesia. 7(1), 9-15. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2963
    Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.
    Saputra, A., & Kuntarto, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Prasekolah. Repository Unja, 1–14 https://repository.unja.ac.id/11182/
    Saragi, S. N. A, et al. (2024). Peran Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Dalam Mendorong Kemajuan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Rhotacism: Pendekatan Pada Kasus Di TK Nurul Muslimin. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 8 (1), 80-87.
    Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
    Yulianda, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Berbicara Pada Anak Balita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 12–16. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1137