Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan mengidentifikasi metode efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai Kurikulum Merdeka, serta mengevaluasi implementasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di beberapa sekolah PAUD, termasuk TK Negeri Pertiwi di Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian mencakup guru, kepala sekolah, siswa PAUD, dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, dan diskusi kelompok terarah (FGD). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik dan keabsahan dijaga melalui triangulasi. Hasil menunjukkan integrasi nilai kewirausahaan dapat dilakukan melalui pendekatan tematik, pembelajaran berbasis proyek, dan permainan peran. Pendekatan tematik mengaitkan konsep kewirausahaan dengan tema relevan, seperti "Pasar" untuk mengajarkan perdagangan dan manajemen. Implementasi metode ini meningkatkan kreativitas, inovasi, keterampilan sosial, dan pemahaman konsep ekonomi sederhana pada anak-anak usia dini. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan tematik dan proyek menunjukkan peningkatan berpikir kreatif dan inovatif, sementara permainan peran mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan meningkatkan pemahaman pentingnya nilai kewirausahaan sejak dini. Penelitian ini tidak hanya berfokus pada aspek teoritis tetapi juga memberikan dampak praktis dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Indonesia.
Article Details
Copyright (c) 2024 Irwanto Gani, Achmad Hufad, Oong Komar, Jajat S Ardiwinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adhimursandi, D. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(1), 193–210. http://journal.febunmul.net
- Dewi, I. G. A. W., & Sukraningsih, I. G. A. G. (2023). Penerapan Metode Role Play dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa di LPK Mahima Institut Indonesia. Wacana : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 23(2), 12–21. https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v23i2.652
- Farkhati, E. (2011). Integrasi Nilai-nilai Kewirausahaan dalam Praktik Pembelajaran Di TK Muslimat Nurul Huda Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. UNNES.
- Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.
- Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2023). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 576–586. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2325
- Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi. PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
- Hatta, M. (2022). Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 13–30.
- Julia ivanna, L. A. K. H. (2023). Penerepan Metode Bermain Peran (Role Play) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV DI SDN 173249 Sibulan- Bulan. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 34–37. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1372
- Nadlifah, Fajzrina, L. N. W., Triyana, Ismaiyah, N., Loka, N., & Mujiati, T. (2023). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Anak Usia Dini melalui Event Market Kids. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3486–3497.
- Rambe, A. P., Batu Bara, H., Nasution, D. A., Fawas, R. A., Siregar, R. M., & Pasaribu, N. A. (2023). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 360–370. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.2913
- Rozak, R. M., Muazza, & Yaldi, D. (2023). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan PIPS Dan PMIPA Angkatan 2019 Jambi. EDU SOSIAL: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, 3(3), 112–124. https://doi.org/10.22437/jeso.v3i3.27035
- Rusyda Hudiya, F., Wulandari, R., Lubis, H. S., Putri, A., & Wahyuni, S. (2023). Mengenalkan Jiwa Kewirausahaan Kepada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1(4), 12–21. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc
- Salsabila, N., Fitri, C. A., Elycia, A. D., Pulungan, W. A., Rizkina, R., & Wahyuni, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Kewirausahaan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 231–237. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.693
- Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610
- Sinay, F. R. (2019). Pendidikan Anak Berwawasan Kewirausahaan. Manajemen Dan Bisinis Jurnal, 5(2), 45–57.
- Suci, R. A., & Fathiyah, K. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3917–3924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3723
- Sukarni, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Kajian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 178–191. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.315
- Sumaryati, S. (2013). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pelatihan Model-model Pembelajaran Inovatif. INOTEK, 17(2), 140–150.
- Suryana, D. (2013). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik Pembelaiaran) (Vol. 1). UNP Press Padang.
- Wardhani, M. F., Puspitasari, D., & Mujib, M. (2022). Peran Menanamkan Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), V (2), 14–22.
- https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/biceser/article/download/347/248
- Yusri, N. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Abad 21. Jurnal Adzkiya, 5(1), 54–72.
References
Adhimursandi, D. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(1), 193–210. http://journal.febunmul.net
Dewi, I. G. A. W., & Sukraningsih, I. G. A. G. (2023). Penerapan Metode Role Play dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa di LPK Mahima Institut Indonesia. Wacana : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 23(2), 12–21. https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v23i2.652
Farkhati, E. (2011). Integrasi Nilai-nilai Kewirausahaan dalam Praktik Pembelajaran Di TK Muslimat Nurul Huda Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. UNNES.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.
Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2023). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 576–586. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2325
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi. PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
Hatta, M. (2022). Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 13–30.
Julia ivanna, L. A. K. H. (2023). Penerepan Metode Bermain Peran (Role Play) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV DI SDN 173249 Sibulan- Bulan. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 34–37. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1372
Nadlifah, Fajzrina, L. N. W., Triyana, Ismaiyah, N., Loka, N., & Mujiati, T. (2023). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Anak Usia Dini melalui Event Market Kids. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3486–3497.
Rambe, A. P., Batu Bara, H., Nasution, D. A., Fawas, R. A., Siregar, R. M., & Pasaribu, N. A. (2023). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 360–370. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.2913
Rozak, R. M., Muazza, & Yaldi, D. (2023). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan PIPS Dan PMIPA Angkatan 2019 Jambi. EDU SOSIAL: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, 3(3), 112–124. https://doi.org/10.22437/jeso.v3i3.27035
Rusyda Hudiya, F., Wulandari, R., Lubis, H. S., Putri, A., & Wahyuni, S. (2023). Mengenalkan Jiwa Kewirausahaan Kepada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1(4), 12–21. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc
Salsabila, N., Fitri, C. A., Elycia, A. D., Pulungan, W. A., Rizkina, R., & Wahyuni, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Kewirausahaan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 231–237. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.693
Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610
Sinay, F. R. (2019). Pendidikan Anak Berwawasan Kewirausahaan. Manajemen Dan Bisinis Jurnal, 5(2), 45–57.
Suci, R. A., & Fathiyah, K. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3917–3924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3723
Sukarni, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Kajian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 178–191. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.315
Sumaryati, S. (2013). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pelatihan Model-model Pembelajaran Inovatif. INOTEK, 17(2), 140–150.
Suryana, D. (2013). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik Pembelaiaran) (Vol. 1). UNP Press Padang.
Wardhani, M. F., Puspitasari, D., & Mujib, M. (2022). Peran Menanamkan Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), V (2), 14–22.
https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/biceser/article/download/347/248
Yusri, N. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Abad 21. Jurnal Adzkiya, 5(1), 54–72.