Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode outing class pada kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus di setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data mengunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kecerdasan naturalis pada anak terbukti dari hasil rata-rata kecerdasan naturalis pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,8 dengan ketuntasan klasikal 70% berada pada kriteria cukup kemudian pada siklus II nilai rata-rata anak mencapai 3,3 dengan ketuntasan klasikal 82% berada pada kriteria baik. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan metode outing class dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : CV Yrama Widya.
- Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple di dalam kelas. Jakarta: PT Indeks.
- Budiyono. (2004). Statistik Dasar untuk penelitian. Jakarta: PT Bumi Angkasa Geri Malang.
- Emzir. (2011). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Raja grafindo.
- Hairunisa, A. (2006). Let's be smart. Bandung: Kaifa.
- Hamzah. K. (2014). Mengelola kecerdasan dalan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara
- Husamah. (2013). Pembelajaran luar kelas outoor learning. Jakarta: prestasi pustakarya.
- Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu mendia pengajaran. Jogjakarta: diva press.
- Musfiroh, T. (2010). Pengembangan kecerdasan majemuk. Jakarta: universitas terbuka.
- Nadiayu, R. (2012). Penerapan metode karya wisata berbasis lingkungan alam sekitar untuk mengembangkan kecerdasab naturalis anak kelompok a di tabriyatul athfal ar-ridho Malang. Jurnal skripsi.
- Nawawi, H., Martini. (2006). instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta: gadjah mada university press.
- Vera, A. (2012). Metode mengajar anak diluar kelas. Yogyakarta: diva press
- Yaumi, I. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: prenada media grup.
References
Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : CV Yrama Widya.
Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple di dalam kelas. Jakarta: PT Indeks.
Budiyono. (2004). Statistik Dasar untuk penelitian. Jakarta: PT Bumi Angkasa Geri Malang.
Emzir. (2011). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Raja grafindo.
Hairunisa, A. (2006). Let's be smart. Bandung: Kaifa.
Hamzah. K. (2014). Mengelola kecerdasan dalan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara
Husamah. (2013). Pembelajaran luar kelas outoor learning. Jakarta: prestasi pustakarya.
Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu mendia pengajaran. Jogjakarta: diva press.
Musfiroh, T. (2010). Pengembangan kecerdasan majemuk. Jakarta: universitas terbuka.
Nadiayu, R. (2012). Penerapan metode karya wisata berbasis lingkungan alam sekitar untuk mengembangkan kecerdasab naturalis anak kelompok a di tabriyatul athfal ar-ridho Malang. Jurnal skripsi.
Nawawi, H., Martini. (2006). instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta: gadjah mada university press.
Vera, A. (2012). Metode mengajar anak diluar kelas. Yogyakarta: diva press
Yaumi, I. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: prenada media grup.