Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode outing class pada kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus di setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data mengunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kecerdasan naturalis pada anak terbukti dari hasil rata-rata kecerdasan naturalis pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,8 dengan ketuntasan klasikal 70% berada pada kriteria cukup kemudian pada siklus II nilai rata-rata anak mencapai 3,3 dengan ketuntasan klasikal 82% berada pada kriteria baik. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan metode outing class dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini.

Kata Kunci

Kecerdasan Naturalis Metode Outing Class

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA KELOMPOK B TK ASYIYAH X KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Referensi

  1. Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : CV Yrama Widya.
  2. Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple di dalam kelas. Jakarta: PT Indeks.
  4. Budiyono. (2004). Statistik Dasar untuk penelitian. Jakarta: PT Bumi Angkasa Geri Malang.
  5. Emzir. (2011). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Raja grafindo.
  6. Hairunisa, A. (2006). Let's be smart. Bandung: Kaifa.
  7. Hamzah. K. (2014). Mengelola kecerdasan dalan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara
  8. Husamah. (2013). Pembelajaran luar kelas outoor learning. Jakarta: prestasi pustakarya.
  9. Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu mendia pengajaran. Jogjakarta: diva press.
  10. Musfiroh, T. (2010). Pengembangan kecerdasan majemuk. Jakarta: universitas terbuka.
  11. Nadiayu, R. (2012). Penerapan metode karya wisata berbasis lingkungan alam sekitar untuk mengembangkan kecerdasab naturalis anak kelompok a di tabriyatul athfal ar-ridho Malang. Jurnal skripsi.
  12. Nawawi, H., Martini. (2006). instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta: gadjah mada university press.
  13. Vera, A. (2012). Metode mengajar anak diluar kelas. Yogyakarta: diva press
  14. Yaumi, I. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: prenada media grup.