Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode outing class pada kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus di setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data mengunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kecerdasan naturalis pada anak terbukti dari hasil rata-rata kecerdasan naturalis pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,8 dengan ketuntasan klasikal 70% berada pada kriteria cukup kemudian pada siklus II nilai rata-rata anak mencapai 3,3 dengan ketuntasan klasikal 82% berada pada kriteria baik. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan metode outing class dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA KELOMPOK B TK ASYIYAH X KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

References

  1. Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : CV Yrama Widya.
  2. Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple di dalam kelas. Jakarta: PT Indeks.
  4. Budiyono. (2004). Statistik Dasar untuk penelitian. Jakarta: PT Bumi Angkasa Geri Malang.
  5. Emzir. (2011). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Raja grafindo.
  6. Hairunisa, A. (2006). Let's be smart. Bandung: Kaifa.
  7. Hamzah. K. (2014). Mengelola kecerdasan dalan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara
  8. Husamah. (2013). Pembelajaran luar kelas outoor learning. Jakarta: prestasi pustakarya.
  9. Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu mendia pengajaran. Jogjakarta: diva press.
  10. Musfiroh, T. (2010). Pengembangan kecerdasan majemuk. Jakarta: universitas terbuka.
  11. Nadiayu, R. (2012). Penerapan metode karya wisata berbasis lingkungan alam sekitar untuk mengembangkan kecerdasab naturalis anak kelompok a di tabriyatul athfal ar-ridho Malang. Jurnal skripsi.
  12. Nawawi, H., Martini. (2006). instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta: gadjah mada university press.
  13. Vera, A. (2012). Metode mengajar anak diluar kelas. Yogyakarta: diva press
  14. Yaumi, I. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: prenada media grup.