Main Article Content
Abstract
Kecakapan hidup pada anak usia dini terdiri dari 4 hal, yaitu kesadaran diri meliputi keterampilan bantu diri, interaksi dengan lingkungan dan kesehatan pribadi, minat belajar dan berfikir kritis, komunikasi sosial atau hubungan interpersonal, dan interaksi sosial meliputi sopan santun dan etika pergaulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) apa yang dimaksud dengan kecakapan hidup anak usia dini? Bagaimana melatih kecakapan hidup anak usia dini? (2) Apa tujuan latihan kecakapan hidup bagi anak usia dini? (3) Apa saja konten pembelajaran kecakapan hidup anak usia dini? (4) Bagaimana metode pembelajaran kecakapan hidup anak usia dini? Dan (5) Bagaimana asesmen pada pembelajaran kecakapan hidup anak usia dini? Penelitian ini menggunakan metode literatur review yaitu meneliti berbagai referensi relevan untuk mengumpulkan informasi tentang kecakapan hidup anak usia dini sampai didapatkan informasi bahwa kecakapan hidup sangat penting dilatihkan kepada anak sejak usia dini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diperoleh informasi bahwa Kecakapan hidup adalah hal penting dalam kehidupan manusia dan sangat berpengaruh dalam kesuksesan hidup, sehingga kecakapan hidup ini sangat penting dilatihkan dan dibiasakan kepada anak sejak usia dini. Tanpa dilatih kecakapan hidupnya, anak-anak akan menjadi generasi yang tergantung kepada orang lain karena tidak mampu melayani dirinya sendiri.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Utin Supartini, Nurbiana Dhieni, Sofia Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amini, M. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Melibatkan Orang Tua Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak. UNJ.
- Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Puspita, Y., & Harianti, R. (n.d.)
- Atabik, A., & Burhanuddin, A. (n.d.). Anak Usia Dini.
- Beckley, P. (2018). Belajar Pada Anak Usia Dini.
- Bredekamp, S. (n.d.). Effective practices in early childhood education : building a foundation
- Cockburn, A. D., & Handcomb, G. (2013). Teaching Children 3 - 11 A Student’s Guide. SAGE Publication.
- Copple, D., Bredekamp, S., Koralek, D., & Charner, K. (2014). Developmentally Apropriate Practice : Focus on Kindergartners. NAEYC.
- Dixon, K., Janks, H., Botha, D., Earle, K., Poo, M., Oldacre, F., Pather, K., & Schneider, K.-L. (n.d.). A critical analysis of CAPS for Life Skills in the Foundation Phase (Grades R-3).
- Hansburry. (2008). The Life Skills Handbook. Www.Lifeskillshanbook.Com.
- Hubbard, B., & Heroes, L. (2019). Developing Life Skills in Children : A Road Map for Communicating with Parents. 19(3), 33–55.
- Isaacs, B. (2017). Understanding The Montessori Approach: Vol. second edition.
- King, P., & Boardman, M. (2006). What Personal/Social Skills are Important for Young Children Commencing Kindergarten? Australian Journal of Early Childhood.
- Krogh, S. L., & Morehouse, P. (2014). The Early Childhood Curriculum : Inquiry Learning Through Integration (2nd ed.). Routledge.
- Liu, J., Liu, S., Yan, J., Lee, E., & Mayes, L. (2016). The impact of life skills training on behavior problems in left-behind children in rural China: A pilot study. School Psychology International, 37(1), 73–84. https://doi.org/10.1177/0143034315618442
- Meliana, Sari, (2018) Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, Aulada
- McLachlan, Fleer, M., & Edward, S. (2013). Early Childhood Curriculum Planning, Assesment and Implementation (3rd ed.). Crambidge University Press.
- Morrison, G. S. (n.d.). Early childhood education today.
- Online, I., & Online, E. E. (2020). The effects of life skills education program on problem behaviors and social skills of 4-year-old preschoolers 1. 19(2), 612–623. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.692983
- Prasetyo, I., Suryono, Y., & Gupta, S. (2021). The 21 st Century Life Skills-Based Education Implementation at the Non-Formal Education Institution. 7(1), 1–7.
- Read, C. (2013). Life Skills.
- Roopnarine, J., & Johnson, J. (2012). Approaches to Early Childhood Education.
- Safira, N., & Hidayah, A. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(9). https://doi.org/10.36418/jist.v3i9.489
- Sidi, I. (2002). Konsep Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skills) Melalui Pendidikan Berbasis Luas.
- Sitanggang, R. R., Fisika, P., Keguruan, F., & Jambi, U. (2019). Melatih Kemandirian Anak Melalui Rutinitas Sehari-Hari. 9(58).
- Slamet, P. (2002). Pendidikan Kecakapan Hidup : Konsep Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
- Umi, G., & Karmila, M. (n.d.). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga.
- Umi, G., Karmila, M., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup ( Life Skill ) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di. 6.
- Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Prenada Media.
References
Amini, M. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Melibatkan Orang Tua Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak. UNJ.
Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Puspita, Y., & Harianti, R. (n.d.)
Atabik, A., & Burhanuddin, A. (n.d.). Anak Usia Dini.
Beckley, P. (2018). Belajar Pada Anak Usia Dini.
Bredekamp, S. (n.d.). Effective practices in early childhood education : building a foundation
Cockburn, A. D., & Handcomb, G. (2013). Teaching Children 3 - 11 A Student’s Guide. SAGE Publication.
Copple, D., Bredekamp, S., Koralek, D., & Charner, K. (2014). Developmentally Apropriate Practice : Focus on Kindergartners. NAEYC.
Dixon, K., Janks, H., Botha, D., Earle, K., Poo, M., Oldacre, F., Pather, K., & Schneider, K.-L. (n.d.). A critical analysis of CAPS for Life Skills in the Foundation Phase (Grades R-3).
Hansburry. (2008). The Life Skills Handbook. Www.Lifeskillshanbook.Com.
Hubbard, B., & Heroes, L. (2019). Developing Life Skills in Children : A Road Map for Communicating with Parents. 19(3), 33–55.
Isaacs, B. (2017). Understanding The Montessori Approach: Vol. second edition.
King, P., & Boardman, M. (2006). What Personal/Social Skills are Important for Young Children Commencing Kindergarten? Australian Journal of Early Childhood.
Krogh, S. L., & Morehouse, P. (2014). The Early Childhood Curriculum : Inquiry Learning Through Integration (2nd ed.). Routledge.
Liu, J., Liu, S., Yan, J., Lee, E., & Mayes, L. (2016). The impact of life skills training on behavior problems in left-behind children in rural China: A pilot study. School Psychology International, 37(1), 73–84. https://doi.org/10.1177/0143034315618442
Meliana, Sari, (2018) Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, Aulada
McLachlan, Fleer, M., & Edward, S. (2013). Early Childhood Curriculum Planning, Assesment and Implementation (3rd ed.). Crambidge University Press.
Morrison, G. S. (n.d.). Early childhood education today.
Online, I., & Online, E. E. (2020). The effects of life skills education program on problem behaviors and social skills of 4-year-old preschoolers 1. 19(2), 612–623. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.692983
Prasetyo, I., Suryono, Y., & Gupta, S. (2021). The 21 st Century Life Skills-Based Education Implementation at the Non-Formal Education Institution. 7(1), 1–7.
Read, C. (2013). Life Skills.
Roopnarine, J., & Johnson, J. (2012). Approaches to Early Childhood Education.
Safira, N., & Hidayah, A. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(9). https://doi.org/10.36418/jist.v3i9.489
Sidi, I. (2002). Konsep Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skills) Melalui Pendidikan Berbasis Luas.
Sitanggang, R. R., Fisika, P., Keguruan, F., & Jambi, U. (2019). Melatih Kemandirian Anak Melalui Rutinitas Sehari-Hari. 9(58).
Slamet, P. (2002). Pendidikan Kecakapan Hidup : Konsep Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Umi, G., & Karmila, M. (n.d.). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga.
Umi, G., Karmila, M., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup ( Life Skill ) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di. 6.
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Prenada Media.