Main Article Content

Abstract

Perkembangan literasi didukung melalui program pembelajaran berbasis buku untuk menunjang keberhasilan anak dalam proses pembelajaran disekolah penggerak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan program pembelajaran berbasis buku untuk mengembangkan kemampuan literasi anak disekolah penggerak. Peneiitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan satu orang guru kelas B2.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran berbasis buku di TKIT Syeikh Abdurrauf dilaksanakan selama enam hari yaitu projek membuat buku Cut Nyak Dhien. Ada tiga tahapan projek yakni tahapan permulaan, tahapan pengembangan dan tahapan penyimpulan. Program ini dilaksanakan dalam tiga tahapan pembelajaran yang mencakup tahapan pembuka, tahapan inti dan tahapan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak tercapai sesuai dengan elemen capaian dasar-dasar literasi yaitu anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengkomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan, anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Kemudian hasil ini juga di dukung dengan kemampuan literasi awal anak, muncul rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, dan anak mampu mengembangkan kemampuan membaca dan menulis melalui bercerita. Sehingga program ini mendukung pembelajaran untuk anak melalui perantara buku yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini.

Keywords

Buku Literasi Anak Sekolah Penggerak

Article Details

Author Biography

Dewi Fitriani , Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Islamic Early Childhood Education

How to Cite
Isna Fajriana, I., & Fitriani , D. (2024). Program Pembelajaran Berbasis Buku dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.195-205

References

  1. Akkas, Muhammad, and Ellysa Aditya Suryawati. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf.
  2. Anita, Evi Afiati. (2022). Peran TBM bilik urang dalam pembelajaran literasi dasar anak pra sekolah." Jurnal As-sibyan, vol. 7, no. 1, https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i1.9839.
  3. Ayunda Sayyidatul Ifadah, Ika Rayana. (2023). “Penerapan Metode Read Aloud Dalam Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. ” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 8, no. 2, pp. 522, https://doi.org//10.33369/jip.8.2.
  4. Badru Zaman. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
  5. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). No.33.
  6. Basyiroh, Iis. (2017). “Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi, vol. 3, no. 2, pp. 120–34.
  7. Christianti, Martha. (2023). “Permainan Literasi Untuk Anak-Anak.” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 12, no. 1, pp. 11–22.
  8. Erwin Widiasworo. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment berbasis Karakter. AR-RUZ MEDIA.
  9. Dewi Fitriani, Heliati Fajriah, and Wirda Ramita. (2020). “Media Belajar Big Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. ” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 245, https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197.
  10. Hajar, Baiq Siti, and Nining Pratiwi. (2024). “Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji Di TPQ ..Khoiru Ummah Mataram.” Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), vol. 4, no. 1, pp. 1–5, https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.579.
  11. Irena Y. Maureen, Hans van der Meij & Ton Den Jong. (2022). “Evaluating Storytelling Activities for Early Literacy Development. ” International Journal of Early Years Education, vol. 30, no. 4, pp. 4, https://doi.org/10.1080/09669760.2021.1933917.
  12. Kharizmi, Muhammad. (2015). “Kesulitan siswa sekolah sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi.” Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 11–21.
  13. Musa, Safuri, et al. (2022). “Upaya Dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD Dalam Mengembangkan Lembaga Dan Memotivasi Guru Untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4239–54, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624.
  14. M.THOBRONI. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik.AR-RUZZ Media.
  15. Purnamasari, Betty Nila, et al. (2019). “Penerapan Pembelajaran Literasi Dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, pp. 1–8.
  16. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  17. Setiyaningsih, Gunanti, and Amir Syamsudin. (2019). “Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 9, no. 1, pp. 19–28, https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28.
  18. Sriwahyuni, Eci, et al. (2017). “Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 4, no. 1, p. 44, https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010.
  19. Wahyuti, Ery, et al. (2023). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini.” Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 1–12.
  20. Yansyah, Yansyah, et al. (2021). “Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1449–60, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779.