Main Article Content
Abstract
Perkembangan literasi didukung melalui program pembelajaran berbasis buku untuk menunjang keberhasilan anak dalam proses pembelajaran disekolah penggerak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan program pembelajaran berbasis buku untuk mengembangkan kemampuan literasi anak disekolah penggerak. Peneiitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan satu orang guru kelas B2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran berbasis buku di TKIT Syeikh Abdurrauf dilaksanakan selama enam hari yaitu projek membuat buku Cut Nyak Dhien. Ada tiga tahapan projek yakni tahapan permulaan, tahapan pengembangan dan tahapan penyimpulan. Program ini dilaksanakan dalam tiga tahapan pembelajaran yang mencakup tahapan pembuka, tahapan inti dan tahapan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak tercapai sesuai dengan elemen capaian dasar-dasar literasi yaitu anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengkomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan, anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Kemudian hasil ini juga di dukung dengan kemampuan literasi awal anak, muncul rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, dan anak mampu mengembangkan kemampuan membaca dan menulis melalui bercerita. Sehingga program ini mendukung pembelajaran untuk anak melalui perantara buku yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Isna Fajriana Isna Fajriana, Dewi Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Akkas, Muhammad, and Ellysa Aditya Suryawati. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf.
- Anita, Evi Afiati. (2022). Peran TBM bilik urang dalam pembelajaran literasi dasar anak pra sekolah." Jurnal As-sibyan, vol. 7, no. 1, https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i1.9839.
- Ayunda Sayyidatul Ifadah, Ika Rayana. (2023). “Penerapan Metode Read Aloud Dalam Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. ” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 8, no. 2, pp. 522, https://doi.org//10.33369/jip.8.2.
- Badru Zaman. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
- Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). No.33.
- Basyiroh, Iis. (2017). “Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi, vol. 3, no. 2, pp. 120–34.
- Christianti, Martha. (2023). “Permainan Literasi Untuk Anak-Anak.” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 12, no. 1, pp. 11–22.
- Erwin Widiasworo. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment berbasis Karakter. AR-RUZ MEDIA.
- Dewi Fitriani, Heliati Fajriah, and Wirda Ramita. (2020). “Media Belajar Big Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. ” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 245, https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197.
- Hajar, Baiq Siti, and Nining Pratiwi. (2024). “Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji Di TPQ ..Khoiru Ummah Mataram.” Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), vol. 4, no. 1, pp. 1–5, https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.579.
- Irena Y. Maureen, Hans van der Meij & Ton Den Jong. (2022). “Evaluating Storytelling Activities for Early Literacy Development. ” International Journal of Early Years Education, vol. 30, no. 4, pp. 4, https://doi.org/10.1080/09669760.2021.1933917.
- Kharizmi, Muhammad. (2015). “Kesulitan siswa sekolah sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi.” Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 11–21.
- Musa, Safuri, et al. (2022). “Upaya Dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD Dalam Mengembangkan Lembaga Dan Memotivasi Guru Untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4239–54, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624.
- M.THOBRONI. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik.AR-RUZZ Media.
- Purnamasari, Betty Nila, et al. (2019). “Penerapan Pembelajaran Literasi Dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, pp. 1–8.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Setiyaningsih, Gunanti, and Amir Syamsudin. (2019). “Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 9, no. 1, pp. 19–28, https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28.
- Sriwahyuni, Eci, et al. (2017). “Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 4, no. 1, p. 44, https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010.
- Wahyuti, Ery, et al. (2023). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini.” Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 1–12.
- Yansyah, Yansyah, et al. (2021). “Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1449–60, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779.
References
Akkas, Muhammad, and Ellysa Aditya Suryawati. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf.
Anita, Evi Afiati. (2022). Peran TBM bilik urang dalam pembelajaran literasi dasar anak pra sekolah." Jurnal As-sibyan, vol. 7, no. 1, https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i1.9839.
Ayunda Sayyidatul Ifadah, Ika Rayana. (2023). “Penerapan Metode Read Aloud Dalam Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. ” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 8, no. 2, pp. 522, https://doi.org//10.33369/jip.8.2.
Badru Zaman. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). No.33.
Basyiroh, Iis. (2017). “Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi, vol. 3, no. 2, pp. 120–34.
Christianti, Martha. (2023). “Permainan Literasi Untuk Anak-Anak.” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 12, no. 1, pp. 11–22.
Erwin Widiasworo. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment berbasis Karakter. AR-RUZ MEDIA.
Dewi Fitriani, Heliati Fajriah, and Wirda Ramita. (2020). “Media Belajar Big Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. ” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 245, https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197.
Hajar, Baiq Siti, and Nining Pratiwi. (2024). “Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji Di TPQ ..Khoiru Ummah Mataram.” Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), vol. 4, no. 1, pp. 1–5, https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.579.
Irena Y. Maureen, Hans van der Meij & Ton Den Jong. (2022). “Evaluating Storytelling Activities for Early Literacy Development. ” International Journal of Early Years Education, vol. 30, no. 4, pp. 4, https://doi.org/10.1080/09669760.2021.1933917.
Kharizmi, Muhammad. (2015). “Kesulitan siswa sekolah sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi.” Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 11–21.
Musa, Safuri, et al. (2022). “Upaya Dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD Dalam Mengembangkan Lembaga Dan Memotivasi Guru Untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4239–54, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624.
M.THOBRONI. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik.AR-RUZZ Media.
Purnamasari, Betty Nila, et al. (2019). “Penerapan Pembelajaran Literasi Dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, pp. 1–8.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Setiyaningsih, Gunanti, and Amir Syamsudin. (2019). “Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 9, no. 1, pp. 19–28, https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28.
Sriwahyuni, Eci, et al. (2017). “Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 4, no. 1, p. 44, https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010.
Wahyuti, Ery, et al. (2023). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini.” Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 1–12.
Yansyah, Yansyah, et al. (2021). “Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1449–60, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779.