Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran busy book terhadap pengetahuan seksual anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar anak di kelas B2 belum dapat mengidentifikasi bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain, memahami perbedaan perilaku dan ciri-ciri antara laki-laki dan perempuan, serta menggunakan toilet dengan benar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest Posttest, melibatkan 15 anak dari total populasi 44 anak yang dipilih melalui Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan busy book terhadap peningkatan pengetahuan seksual anak, dengan nilai t hitung 20,601 lebih besar dari t tabel 2,145, sehingga hipotesis alternatif diterima. Perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s menghasilkan nilai 2,76 yang masuk dalam kategori efek kuat. Hal ini membuktikan bahwa busy book adalah media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan seksual anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi.

Keywords

busy book pengetahuan seksual anak media busy book pengetahuan seksual anak media

Article Details

How to Cite
Saranuha, I. K., Indryani, I., & Harianja, S. I. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Pengetahuan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 180–187. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.180-187

References

  1. Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.
  2. Anggraini, T., Riswandi, & Sofia, A. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–14.
  3. Cahyanti, P., Purwadi, & Suyono, H. (2021). Peran Guru Sebagai Educator Dalam Memberikan Pendidikan Seks di KB Mutiara Bangsa Yogyakarta. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(2), 77-84.
  4. Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2), 11–20.
  5. Firdaus, M. K., & Hadayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53-62.
  6. Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Gender Equality: International Journ ”Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku” Dewial of Child and Gender Studies. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33–46.
  7. Hasni, U., Amanda, R. S., Rosyadi, A. F., Harianja, S. I., & Utami, W. S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Learning Apps untuk Mengoptimalkan Keterampilan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. 3(1–8).
  8. Ilyas, S. N., Amal, A., & Asti, A. S. W. (2021). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat. 1(1), 11–16.
  9. Indryani, Rosyadi, A. F., & Sonita, S. (2023). Pengaruh game edukasi “aku jaga diriku” terhadap pengetahuan seksual anak usia 5-6 tahun di tk harapan bunda kecamatan telanaipura. Cahaya Mandalika (JCM), 740–749.
  10. Irmayanti, N., & Zuroida, A. (2019). Pengembangan Model Pengetahuan Perilaku Seks Melalui Seks Education Untuk Siswa Sma. Journal of Urban Sociology, 2(1), 76.
  11. Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules untuk Mencegah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232.
  12. Komalasari, R., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2023). Pengaruh Media Busybook Dalam Pengenalan Identitas Gender Untuk Anak Usia 4-5. PeTeKa, 6(1), 119–127.
  13. Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Padakosakata Anak Usia Dinidipaud Swadayapkk. Journal of Chemical Information and Modeling, 5, 146–155.
  14. Nawita, M. (2013). Bunda, Seks itu Apa? Bagaimana Menjelaskan Seks pada Anak (M. Taupan (ed.)). Yrama Widya.
  15. Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115.
  16. Oktavia, M., Fadillah, & Purwanti. (2015). Peranan Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 6–7.
  17. Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Atfhal, 4(1), 78–89.
  18. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  19. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
  20. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 1 (2003).
  21. Wibiarani, S. (2018). Penggunaan Busy Book dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini di Era Milenial. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD, 2(Desember), 11–14.
  22. Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE ( Children Advisory Research and Education), 4(2), 18–30.
  23. Yulianto, T. (2018). Efektifitas Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Hambatan Majemuk Kelas X Di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7, 748–763.
  24. Yuniarni, D. (2022). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513–525.