Main Article Content

Abstract

Anak usia dini harus mampu mengungkap ide-ide kreatifnya, tetapi yang terjadi anak cenderung meniru hasil karya temannya dan tidak percaya diri dengan hasilnya sendiri serta anak masih terpaku pada bantuan guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terintegrasi ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini 43 anak. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan Model Project based learning terintegrasi ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan yaitu t hitung 2,945 dan t tabel yaitu 2,055 yang artinya t hitung > t tabel atau 2,945>2,055 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model project based learning terintegrasi ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Penerapan Model Project based learning terintegrasi ecoprint terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun, ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan anak dalam berpikir kreatif dan menghasilkan karya yang inovatif.

Keywords

Project based learning ecoprint kreativitas Project based learning ecoprint kreativitas

Article Details

How to Cite
Tri, Anggereini, E. A., & Harianja, S. I. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Ecoprint Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 188–194. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.188-194

References

  1. Anggraeni, A. R., Anugrahana, A., & Ariyanti, P. B. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning terhadap kreativitas siswa dengan menggunakan bahan alam pada kelas 1 SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3683-3690.
  2. Annisa, H., Lismayani, A., & Amriani, S. R. (2024). Pengaruh Model Project based learning Menggunakan Media Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Persatuan. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 10(1), 1476-1486.
  3. Dianita, S., Triyono, T., & Arifin, I. (2020). Pengaruh Project based learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1277.https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14033
  4. Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 275-281.
  5. Irianingsih, N. (2018). Yuk Membuat Eco Print Motif Kain Dari Daun dan Bunga. PT Gramedia Pustaka Utama.
  6. Kusmiati, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 206-211.
  7. Maharani, M., & Efendi, N. (2023). Implementasi Project based learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Education And Development, 11(3), 268-279.
  8. Maheni, Siburian, J., & Anggereini, E. (2021). Uji Kelayakan Panduan Praktikum Keragaman Genetik Menggunakan Model Project based learning. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(3), 185–194. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i3.22984
  9. Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
  10. Nasrullah, A. F. (2024). Pengaruh Membatik Dengan Teknik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Badariyah (Doctoral dissertation, Universitas Unja).
  11. Ni’mah, R., & Isroani, F. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Loose Part. Keguruan, 1–7. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/5977%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/download/5977/4419
  12. Nikmah, A., Shofwan, I., & Loretha, A. F. (2023). Implementasi Metode Project based learning untuk Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4857-4870.
  13. Ningsih, R., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2022). Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Seni pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Project based learning TK Kurnia Simomulyo Baru Surabaya Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 304–309. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/415
  14. Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(2), 142–167.
  15. Rifmasari, Y., Sukandar, W., & Sisrian, E. R. (2022). Implementasi Project based learning Dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini di TK Fadhilah Amal 5 Kota Padang. Jurnal Usia Dini, 8(1), 45. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36262
  16. Rosmana, P. S., Iskandar, S., Janah, R., Thifana, A. G., Susanti, R., & Marini, F. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project based learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3678–3684. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3438%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3438/2932
  17. Setiowati, S. P. (2020). Golden Age Parenting: Periode Emas Tumbuh Kembang Anak (T. M. Publishing (ed.); 1st ed.). Media Nusa Creative.
  18. Simaremare, T. P., Harianja, S. I., Zahra, F. M., Septiardilla, F., Rohimin, M., & Sofyan, W. N. (2024). Penerapan Pembelajaran Kreatif dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Usia Dini di Suku Anak Dalam Desa Sekaladi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1-16.
  19. Sudarti, D. O. (2020). Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak Dengan Strategi Habituasi Dalam Keluarga. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 117. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.385
  20. Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 6(1).
  21. Widiantoro, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatakan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 759-778.
  22. Wijayanti, T. M. (2023). Pengaruh Model Project based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit. Universitas Jambi.