Isi Artikel Utama

Abstrak

Kesadaran lingkungan di kalangan siswa merupakan aspek penting dalam upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Karakter peduli lingkungan perlu diajarkan sejak dini karena membentuk perilaku dan sikap individu sehari-hari terhadap lingkungan, meliputi usaha untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi tentang pentingnya merawat tanaman untuk mengenalkan karakter peduli lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementatioan, Evaluation) yang melibatkan para ahli sebagai validator. Hasil validasi dilakukan oleh Ahli Materi PAUD, Ahli Media Animasi, Ahli Bahasa, dan Praktisi menunjukkan rata-rata presentase 93,75% yang artinya media tersebut memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi. Dengan demikian, video animasi ini dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan karakter peduli lingkungan kepada anak usia dini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Masykuroh, K., & Anggrainy, A. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Merawat Tanaman Untuk Mengenalkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 9(2), 216–226. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.216-226

Referensi

  1. Adiati, C. C., Firdaus, R., & Nurwahidin, M. (2023). Efektivitas Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Akademika, 12(01), 69–81. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2663
  2. Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio Visual Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.44
  3. Asril, M., Simamarta, M. M. T., Sari, S. P., Indarwati, Arsi, R. B. S., Afriansyah, & Junairiah. (2022). Keanerkaragaman Hayati. In Yayasan Kita Menulis. Jakarta.
  4. C, Flores. (2019). Pengembangan Vidio Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosa Kata Pada Anak Usia 4-5 Tahun Αγαη, 8(5), 55.
  5. Cahyadi, D. (2023). Benda Imajinasi, dalam Karakter Kartun dan Animasi. ResearchGate, 1–21.
  6. Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521
  7. Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2020). Research and Development (R&D). 112–157.
  8. Ilham, A. J., Kusuma, A. T., Putri, F. R., & Selsia, B. (2023). Peran Pendidikan Lingkungan dalam Meningkatkan Kesadaran dan Tindakan Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Masaliq, 3(5), 907–917. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1500
  9. Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2022). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan melalui Model Experiential Learning. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 73–76.
  10. Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
  11. Ira Ririhena. (2022) Modul Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Anak Usia Dini.Penerbit Adab, Sleman
  12. Khairina, E., Purnomo, E. P., & Malawnai, A. D. (2020). Sustainable Development Goals: Kebijakan Berwawasan Lingkungan Guna Menjaga Ketahanan Lingkungan Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 155. https://doi.org/10.22146/jkn.52969
  13. Khansa Khairunnisa, J., & Masykuroh, K. (2023). Illustrated Storybooks in Mitigating Early Childhood Device Usage. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 7(1), 113–122. https://doi.org/10.29062/edu.v7i1.650
  14. Leksono, S. M., Mahrawi, M., Dasma, D., & Nurhapipah, S. (2021). Peningkatan Kesadaran Lingkungan Dan Sikap Konservasi Siswa Sma Negeri 1 Anyer Melalui Program Sekolah Riset. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 16(2), 109–115. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i2.12871
  15. Masruroh, M. (2021). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 130. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461
  16. Masykuroh, K., & Khairunnisa. (2022). Pengembangan media video animasi mengenal sampah untuk membangun karakter peduli lingkungan anak usia dini. Seling Jurnal Program Studi PGRA, 8, 220–228.
  17. Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
  18. Melisa, M., Qurbaniah, M., Setiadi, A. E., & Kurniawan, D. (2023). The Effectiveness of Animated Videos on High-Level Thinking Skills of SMA Negeri 1 Silat Hulu Students. Journal Of Biology Education, 6(2), 149. https://doi.org/10.21043/jobe.v6i2.15213
  19. Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
  20. Saputri, R. A. (2021). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Basic Education, 8(15), 1424–1433.
  21. Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo.
  22. Siswinarti, P. R. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa Beradab. Universitas Pendidikan Ganesha, March, 5.
  23. Theodoridis, T., & Kraemer, J. (n.d.). Perkembangan teknologi. 1–15.
  24. C. Huang et al., “Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China,” Lancet, vol. 395, no. 10223, pp. 497–506, Feb. 2020, doi: 10.1016/S0140-6736(20)30183-5.