Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan reinforcement terhadap disiplin anak usia dini di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jenis Korelasional. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 14 orang anak kelas B 3 di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dalam bentuk ceklis. Analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara reinforcement dengan disiplin anak usia dini di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Saran dari penelitan ini untuk guru yaitu mempertahankan dan meningkatkan penerapan reinforcement dalam menanamkan disiplin anak usia dini.
Kata kunci : Hubungan Reinforcement, Disiplin Anak Usia Dini
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arlin, Meila. Skripsi (2015). Hubungan reward dengan disiplin anak TK kelompok b disekolah se-gugus ii kecamatan sanden, Bantul. Yogjakarta: Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
- Gichara, Jenny. (2012). Kelas Sehat Prestasi Hebat. Jakarta : PT. Gramedia.
- Hasibuan dan Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Ruswandi. (2013). Pisikologi Pembelajaran. Bandung : CV. Cipta Pesona Sejahtera.
- Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Shochid, Moh. (2000). Pola Asuh Orangtua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta : Rineka Cipta.
- Subagyo, Joko. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Surdiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sujiono, Yuliani Nuraini. (2005). Mencerdaskan Prilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media Kompurido.
- Uno, Hamzah B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Usman, Moh. Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
References
Arlin, Meila. Skripsi (2015). Hubungan reward dengan disiplin anak TK kelompok b disekolah se-gugus ii kecamatan sanden, Bantul. Yogjakarta: Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Gichara, Jenny. (2012). Kelas Sehat Prestasi Hebat. Jakarta : PT. Gramedia.
Hasibuan dan Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruswandi. (2013). Pisikologi Pembelajaran. Bandung : CV. Cipta Pesona Sejahtera.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Shochid, Moh. (2000). Pola Asuh Orangtua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta : Rineka Cipta.
Subagyo, Joko. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Surdiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sujiono, Yuliani Nuraini. (2005). Mencerdaskan Prilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media Kompurido.
Uno, Hamzah B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.