Main Article Content
Abstract
Kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik pra-sekolah untuk mempersiapkan dirinya masuk ke jenjang pendidikan dasar adalah menulis dan berhitung. Stimulasi kemampuan dasar berhitung pada diri anak usia dini sangat penting agar anak mampu berkembang dan bersaing dalam mempersiapkan masuk ke jenjang pendidikan dasar. Agar kemampuan berhitung anak dapat berkembang dengan baik, maka diperlukan media pembelajaran yang interaktif sebagai sarana untuk mempermudah anak dalam memahami tentang konsep berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media roda pintar limbah jagung dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak dengan usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU Siti Fatimah Socah dengan jumlah populasi sebanyak 34 anak yang kemudian diambil seluruhnya sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi berupa kegiatan pretest, treatment dan posttest. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi yang diperoleh hasil sebesar 85%. Uji reliabilitas menggunakan perhitungan Chronbach’s Alpha yang diperoleh hasil sebesar 0,890. Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan uji Shapiro Wilk dengan hasil data yang diperoleh yaitu pretest sebesar 0,068 dan posttest sebesar 0,275 kedua data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa nilai sig.2 – tailed yakni 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat diartikan bahwa terdapat efektivitas media roda pintar limbah jagung dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Fitri Fitri, Dwi Nurhayati Adhani, Fikri Nazarullail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adhani, D. N., Fitri, F., Nazarullail, F., & Latif, M. A. (n.d.). Utilization of Corn Waste: A Learning Media Based on Madurese Local Wisdom to Stimulate Children’s Symbolic Thinking. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(1), 95–103.
- Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SDN Mangunjiwan 1 Demak. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 45–56.
- Amzeri, A. (2018). Tinjauan perkembangan pertanian jagung di madura dan alternatif pengolahan menjadi biomaterial. Rekayasa, 11(1), 74–86.
- Ariyanto, F. L., & Siswoyo, A. A. (2020). Pemanfaat Limbah Tongkol Jagung Sebagai Media pembelajaran Anak Usia Dini di Madura. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 107–115.
- Cahyaningrum, W. N., Rasmani, U. E. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2022). Profil Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Survei Di Tk Gugus Dahlia Wonosari, Klaten). Kumara Cendekia, 10(2), 109–119.
- CHALIMAH, C. (2020). Pengembangan media pembelajaran roda pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di MI.
- Febiola, K. A. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui pengembangan media pembelajaran pohon angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238–248.
- Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.
- Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
- Khadijah, K. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.
- Lestari, B. P. (2021). Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 129–141.
- Maesaroh, M., Sumardi, S., & Nur, L. (2020). Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Se-Kelurahan Lengkongsari Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 61–75.
- Masruroh, I. K., Adhani, D. N., & Mayangsari, D. (2019). Pengaruh Permainan Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 84–90.
- Maulida, S., & Kaidaro, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A Di RA AR Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241–249.
- Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 56–63.
- Pratiwi, A. R., Fitroh, S. F., & Adhani, D. N. (2018). Pengaruh Metode Bermain dengan Bahan Bekas Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 64–74.
- Putri, D., & Ismet, S. (2022). Pengaruh Media Roda Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Baitul Fattaahu Kinali. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8349–8358.
- Reid, K. (2016). Counting on it: Early numeracy development and the preschool child.
- Rinawati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Roda Putar Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gondang Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
- Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran sains dan matematika anak usia dini. Caremedia Communication.
- Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini edisi pertama. Kencana.
- Sufa, F. F. (2022). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Unisri Press.
- Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.
- Suryana, D. (2018). Pendidikan anak usia dini: stimulasi dan aspek perkembangan anak.
- Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
- Suwandi, S., & Wahab, A. (2020). PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RAIS AA BAGEK KEMBAR KELURAHAN TANJUNG KARANG PERMAI KOTA MATARAM. SINERGI: JURNAL PENGABDIAN, 2(2), 72–75.
- Syafdaningsih, M. P., Rukiyah, M. P., & Utami, F. (2020). Pembelajaran Matematika anak usia dini. Edu Publisher.
- Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11.
- Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Dafiq, N., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
References
Adhani, D. N., Fitri, F., Nazarullail, F., & Latif, M. A. (n.d.). Utilization of Corn Waste: A Learning Media Based on Madurese Local Wisdom to Stimulate Children’s Symbolic Thinking. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(1), 95–103.
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SDN Mangunjiwan 1 Demak. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 45–56.
Amzeri, A. (2018). Tinjauan perkembangan pertanian jagung di madura dan alternatif pengolahan menjadi biomaterial. Rekayasa, 11(1), 74–86.
Ariyanto, F. L., & Siswoyo, A. A. (2020). Pemanfaat Limbah Tongkol Jagung Sebagai Media pembelajaran Anak Usia Dini di Madura. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 107–115.
Cahyaningrum, W. N., Rasmani, U. E. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2022). Profil Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Survei Di Tk Gugus Dahlia Wonosari, Klaten). Kumara Cendekia, 10(2), 109–119.
CHALIMAH, C. (2020). Pengembangan media pembelajaran roda pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di MI.
Febiola, K. A. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui pengembangan media pembelajaran pohon angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238–248.
Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.
Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Khadijah, K. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Lestari, B. P. (2021). Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 129–141.
Maesaroh, M., Sumardi, S., & Nur, L. (2020). Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Se-Kelurahan Lengkongsari Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 61–75.
Masruroh, I. K., Adhani, D. N., & Mayangsari, D. (2019). Pengaruh Permainan Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 84–90.
Maulida, S., & Kaidaro, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A Di RA AR Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241–249.
Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 56–63.
Pratiwi, A. R., Fitroh, S. F., & Adhani, D. N. (2018). Pengaruh Metode Bermain dengan Bahan Bekas Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 64–74.
Putri, D., & Ismet, S. (2022). Pengaruh Media Roda Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Baitul Fattaahu Kinali. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8349–8358.
Reid, K. (2016). Counting on it: Early numeracy development and the preschool child.
Rinawati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Roda Putar Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gondang Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran sains dan matematika anak usia dini. Caremedia Communication.
Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini edisi pertama. Kencana.
Sufa, F. F. (2022). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Unisri Press.
Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.
Suryana, D. (2018). Pendidikan anak usia dini: stimulasi dan aspek perkembangan anak.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Suwandi, S., & Wahab, A. (2020). PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RAIS AA BAGEK KEMBAR KELURAHAN TANJUNG KARANG PERMAI KOTA MATARAM. SINERGI: JURNAL PENGABDIAN, 2(2), 72–75.
Syafdaningsih, M. P., Rukiyah, M. P., & Utami, F. (2020). Pembelajaran Matematika anak usia dini. Edu Publisher.
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Dafiq, N., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.