Main Article Content

Abstract

Partisipasi anak-anak pada sekolah PAUD yang diukur menggunakan APK PAUD di Indonesia masih sangat rendah hanya berkisar pada angka 35-40 persen. Data yang dirilis BPS menunjukkan selama delapan tahun, 2015-2023, APK PAUD di Indonesia hanya mengalami peningkatan sekitar satu persen. Penelitian ini menganalisis capaian APK PAUD per provinsi dan menguji hubungan struktur signifikasi dan struktur dominasi dengan APK PAUD menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens untuk melihat bagaimana agensi dipengaruhi oleh struktur tersebut dalam meningkatkan APK PAUD. Pendekatan kuantitatif dengan data sekunder digunakan dalam penelitian ini dan unit analisis yang digunakan adalah masing-masing provinsi di Indonesia. Karena tipe dan sebaran data, uji korelasi Spearman dipilih untuk menguji hubungan antara struktur dan agensi. Hasilnya struktur signifikasi yang terdiri dari pendidikan orang tua dan keharmonisan keluarga serta kondisi ekonomi dari struktur dominasi tidak memiliki hubungan dengan APK PAUD, sedangkan dua variabel dari struktur dominasi yang terdiri dari ketersediaan fasilitas sekolah, dan akses ke sekolah memiliki hubungan dengan APK PAUD. Ketersediaan fasilitas sekolah memiliki hubungan lemah dan positif terhadap APK PAUD, sedangkan akses ke sekolah memiliki hubungan yang lemah dan negatif dengan APK PAUD.

Article Details

How to Cite
Analisis Peran Struktur Signifikasi dan Dominasi dalam Peningkatan Partisipasi Pendidikan Anak Usia Dini. (2025). Jurnal Ilmiah Potensia, 10(1), 108–120. https://doi.org/10.33369/jip.10.1.108-120

References

    Annisa, F., Kusumawati, H., & Sumrahadi, S. (2022). Penyuluhan Dan Skrining Tumbuh Kembang Pada Anak Di Panti Asuhan YBKN Al-Hisyam Jakarta Selatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(5), Article 5. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i5.5755
    Bappenas. (t.t.). GOAL 4. SDGs Indonesia. Diambil 18 Februari 2025, dari https://sdgs.bappenas.go.id/17-goals/goal-4/
    Barber, B. K., & Buehler, C. (1996). Family Cohesion and Enmeshment: Different Constructs, Different Effects. Journal of Marriage and Family, 58(2), 433–441. https://www.jstor.org/stable/353507
    BPS. (2017). Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). https://kepri.bps.go.id/id/statistics-table/2/MzAwIzI=/angka-partisipasi-kasar--apk--pendidikan-anak-usia-dini--paud-.html
    BPS. (2024). Persentase Penduduk Miskin—Tabel Statistik—Badan Pusat Statistik Provinsi Kep. Riau. https://kepri.bps.go.id/id/statistics-table/2/MzkjMg==/persentase-penduduk-miskin.html
    BPS. (2024a, Februari 17). Jumlah Desa/Kelurahan Menurut Provinsi, 2023. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/paud/230000/1
    BPS. (2024, Februari 22). Jumlah Perceraian Menurut Provinsi dan Faktor, 2023. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/YVdoU1IwVmlTM2h4YzFoV1psWkViRXhqTlZwRFVUMDkjMw==/jumlah-perceraian-menurut-provinsi-dan-faktor.html?year=2023
    BPS. (2024b, Desember 2). Angka Partisipasi Kasar (APK) Anak Yang Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Menurut Provinsi. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTQzOSMy/angka-partisipasi-kasar--apk--anak-yang-mengikuti-pendidikan-anak-usia-dini--paud--menurut-provinsi.html
    BPS. (2025). Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Provinsi dan Daerah. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTkyIzI=/persentase-penduduk-miskin--p0--menurut-provinsi-dan-daerah.html
    Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., Fernald, L. C. H., MacMillan, H., Hanson, M., Wachs, T. D., Yao, H., Yoshikawa, H., Cerezo, A., Leckman, J. F., & Bhutta, Z. A. (2017). Nurturing care: Promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31390-3
    Clegg, S., & Cunha, M. P. e. (2019). Management, Organizations and Contemporary Social Theory. Taylor & Francis Group.
    Duncan, G. J., Magnuson, K., Kalil, A., & Ziol-Guest, K. (2012). The Importance of Early Childhood Poverty. Social Indicators Research, 108(1), 87–98. https://doi.org/10.1007/s11205-011-9867-9
    Dutot, V., Bergeron, F., & Calabrò, A. (2022). The impact of family harmony on family SMEs’ performance: The mediating role of information technologies. Journal of Family Business Management, 12(4), 1131–1151. https://doi.org/10.1108/JFBM-07-2021-0075
    Eriani, E., & Yolanda, A. M. (2022). Analisis Angka Partisipasi PAUD Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Provinsi Riau. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1–16). https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.470
    Handayani, O. D., & Rinaldi, A. N. (2024). Pengaruh Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Terhadap Kesiapan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.275-284
    Kemendagri. (2023, September 12). Data Kependudukan Berdasarkan Provinsi Per Juli 2023. https://e-database.kemendagri.go.id/kemendagri/dataset/1102/tabel-data
    Kemendes. (2020, Mei 11). Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. https://www.kemendesa.go.id/berita/view/detil/3261/ini-daerah-tertinggal-menurut-perpres
    Kemendikdasmen. (2025). Jumlah Satuan Pendidikan (PAUD) per Provinsi. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/paud
    Kementerian Dalam Negeri. (2019, Agustus 29). Pemerintah Dorong Program Satu PAUD Satu Desa. https://bangda.kemendagri.go.id/. https://bangda.kemendagri.go.id/index.php/berita/baca_kontent/346/pemerintah_dorong_program_satu_paud_satu_desa
    Khairunnisa, K., Hartoyo, S., & Anggraeni, L. (2014). Determinan Angka Partisipasi Sekolah SMP di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 15(1). https://doi.org/10.21002/jepi.v15i1.05
    Kusumawardhani, P. N. (2022). Spillover effects of investment in Early Childhood Education and Development (ECED) centers: Evidence from Indonesia. Education Economics, 30(6), 590–611. https://doi.org/10.1080/09645292.2021.2019196
    Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di WIlayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628
    Nakajima, N., Hasan, A., Jung, H., Brinkman, S., Pradhan, M., & Kinnell, A. (2019). Investing in school readiness: A comparison of different early childhood education pathways in rural Indonesia. International Journal of Educational Development, 69, 22–38. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.05.009
    Paramita, P. P., Dr. Iyus Akhmad Haris, M. P., & Luh Indrayani, S. P. (2014). HUBUNGAN KONDISI EKONOMI DAN PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN DENGAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.1893
    Plavnicka, J., Chovan, S., & Bobakova, D. F. (2024). Understanding the Impact of Socioeconomic Factors on Early Childhood Development in Marginalised Roma Communities: The Role of Parental Education and Household Equipment. Children, 11(6). https://doi.org/10.3390/children11060622
    Rasyid, A. (2015). PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI DESA MALIMONGENG KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2(2), 10–15. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i2.2538
    Rohmani, N. (2021). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625–632. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262
    Sedgwick, P. (2014). Spearman’s rank correlation coefficient. BMJ: British Medical Journal (Online), 349. https://doi.org/10.1136/bmj.g7327
    Supartini, U., Dhieni, N., & Hartati, S. (2024). Pentingnya Melatih Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.227-237
    Takerubun, C., & Marsino, W. (2021). Pengaruh Faktor Keluarga Terhadap Partisipasi pendidikan Anak usia Dini di Papua Barat. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 638–650. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.460