Main Article Content

Abstract

The problem in this research was whether through storytelling with paper puppets (wayang kertas) can improve listening comprehension of group B students of Early Childhood Education Program of Tunas Harapan Bengkulu City. This research aimed to improve listening skill of early childhood students through storytelling with paper puppets media. The subject of this research was group B students with the total of 16 people consisted of 8 male students and 8 female students. This Classroom Action Research was conducted in two cycles, every cycle had three meetings. The technique of collecting the data was conducted by doing observation and interview. The data analysis technique was done by using mean test. The research result showed that through storytelling with paper puppets media in learning activity can improve listening skill of early childhood students. It can be proven by observation result that had reached 80% of learning mastery or the score of 4.0 at the end of the second cycle, the students’ listening score was 4.41 or classified as good category. From this research result it can be suggested for the teachers to improve the listening skill of early childhood students through storytelling with other puppets (wayang) media such as wayang kulit, wayang rumput, wayang kresek, and wayang klithik

Article Details

How to Cite
Yunita, F. T., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MENDONGENG DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 42–50. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.42-50

References

  1. Aesop. Burung Elang dan Burung Pipit. Diunduh dari hhtp:// www.ceritakecil.com-dan-dong eng/burungelang/. Tanggal 25 Januari 2015 pukul 17.05 wib.
  2. Aesop. Lomba Terbang Burung. Diunduh dari http://dongeng ceritarakyat.com/ cerita-fabel-terbaru-lomba-terbang-burung/. Tanggal 1 april 2015 18.12 wib.
  3. Aesop. Kupu-kupu dan Raja Kumbang. Diunduh dari http:// dongengceritarakyat. com/fabel-Kupu- dan- Raja- Kumbang/. Tanggal 1 april april 2015 18.20 wib.
  4. Alwi, Hasan dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  5. Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.
  6. . 2009. Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.
  7. Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. . 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  10. Bachtiar, Bachri S. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di taman Kanak-kanak Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: DEPDIKNAS.
  11. Bunanta, Murti. 2004. Buku Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: Pustaka Tangga.
  12. Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
  13. Derri, Meidya. 2012. Kumpulan Fabel. Depok: Gema Insani Press.
  14. Dhieni, Nurbiana, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Universitas Terbuka.
  15. .2007. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Universitas Terbuka.
  16. Dhieni, Nurbiana dan Pridani, Lara. 2007. Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran.
  17. Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  18. Herlina, Aliza. 2011. Skripsi Meningkatkan kemampuan Membaca Dini Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Dukungan Penggunaan Media Gambar. Skripsi FIP UPI: Bandung. Diunduh dari http://repository.upi.edu/4859/3/SPAUD/0702932.Bibliography.pdf. Tanggal 16 Juni 2015 pukul 18.36 wib.
  19. Hermawan, Herry. 2012. Menyimak Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  20. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  21. Kurniawati. 2014. Keterampilan Guru Memberi Penguatan Kepada Anak Dalam Metode Pemberian Tugas Di Kelompok B Tk Aba Dukuh Mantrijeron Yogyakarta. Skripsi UNY: Yogyakarta. Diunduh dari http://eprints.uny. ac.id/ 13021/ 1/ SKRIPSI /20 KURNIAWATI/2010111241030.pdf. Pada tanggal 09 Mei 2015 pukul 15.28 wib.
  22. Latif, Mukhtar dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
  23. Lisbijanto, Herry. 2013. Wayang. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  24. Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
  25. Mulyati, Yeti dkk. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
  26. Musfiroh, Tadhkiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: DEPDIKNAS.
  27. Priyono, Kusumo. 2006. Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.
  28. Rudi. 2010. Manfaat dan Kekuatan Dongeng pada Psikologi Anak. Diakses http://eprints.uny.ac.id/pdf. Pada tanggal 27 Januari 2015 pukul 18.02 wib.
  29. Saddhono, Kundhuru dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  30. Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  31. Sedyawati, Edi dan Darmono, Sapardi Djoko. 2008. Seni dalam Masyarakat Indonesia. PT Gramedia: Jakarta.
  32. Setiawan, Ebta. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diunduh dari http://kbbi. web.id/analisis. Pada tanggal 12 Juni 2015 pukul 08.23 wib.
  33. Solihatin. 2010. Skripsi Upaya Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Taman Kanak-kanak melalui Metode Mendongeng. Skripsi UPI: Bandung. Diunduh dari http://a-research.upi.edu/spaud/0804873chapter1.pdf). Pada tanggal 15 Januari 2015 pukul 15.23 wib.
  34. Supriyadi. 2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  35. Susanti, Alfira Isma. 2014. Skripsi Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan di Kelompok B5 Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu. Skripsi UNIB: Bengkulu.
  36. Tarigan. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
  37. .1980. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
  38. Yamin, Martinis dan Jamilah, Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD (Pendidikan Anak usia Dini). Ciputat: Gaung Persada Press Group.
  39. Yudha, Andi. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Bandung: DARI Mizan.
  40. Yudha, M Saputra dan Rudhyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
  41. Zaman, Badru dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.