Main Article Content
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan penunjang dari kegiatan akademik di lembaga PAUD. Hal ini perlu diterapkan diseluruh lembaga ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional di Taman Kanak-kanak Sani Ashila Padang dalam rangka mengetahui penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional di TK Sani Ashila Padang belum sesuai dengan tahap-tahap pengenalan tari kepada anak. Namun dengan latihan yang rutin dapat mengantarkan TK Sani Ashila Menjuarai beberapa Lomba Tari. Melalui kegiatan ini juga sebagai wahana untuk memperkenalkan kebudayaan pada anak dan juga untuk membantu perkembangan motoriknya. Kendala yang sering terjadi adalah suasana hati anak yang berubah drastis, sehingga guru harus membujuk anak agar bersemangat kembali. Tempat latihan yang digunakan berukuran 4x4 m tidak sebanding dengan jumlah anak yang mengikuti kegiatan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional di Taman Kanak-kanak Sani Ashila Padang belum berjalan dengan baik.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutainment Dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 267–286.
- Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
- Calista, V., Kurniah, N., & Ardina, M. (2019). HUBUNGAN REINFORCEMENT TERHADAP DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD PEMBINA 1 KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17
- Einon, D. (2005). Permainan Cerdas Untuk Anak Usia 2-6 Tahun. Jakarta: Erlagga.
- Herdiana, I. (2017). Pengaruh Kegiatan Handprint Terhadap Kreativitas Anak di Taman kanak-kanak kemala bhayangkari 3 Padang. Skripsi. UNP Padang.
- Imran, R. F., & Suryani, N. A. (2018). Preoperational Development of Early Childhood with Insectarium Media. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 267–271
- Kemendikbud. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.
- Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82
- Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1762
- Martono, N. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
- Novi, M. (2007). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
- Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud
- Saripudin, A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
- Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
- Sujiono, Y. N.. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
- Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suryana. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press. Depdiknas.
- Trianto. (2010). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA Dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta:Dikti.
- Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–6. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu
- Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. (2019). Construction of The Assessment Concept to Measure Students’ High Order Thinking Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 237–251. https://doi.org/10.17478/jegys.528180
- Yulia, T. (2017). Pengaruh Glasses Painting Terhadap Perkembangan Kreativitas Seni di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Padang.Skripsi. UNP Padang.
References
Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutainment Dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 267–286.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Calista, V., Kurniah, N., & Ardina, M. (2019). HUBUNGAN REINFORCEMENT TERHADAP DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD PEMBINA 1 KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17
Einon, D. (2005). Permainan Cerdas Untuk Anak Usia 2-6 Tahun. Jakarta: Erlagga.
Herdiana, I. (2017). Pengaruh Kegiatan Handprint Terhadap Kreativitas Anak di Taman kanak-kanak kemala bhayangkari 3 Padang. Skripsi. UNP Padang.
Imran, R. F., & Suryani, N. A. (2018). Preoperational Development of Early Childhood with Insectarium Media. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 267–271
Kemendikbud. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.
Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82
Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1762
Martono, N. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Novi, M. (2007). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud
Saripudin, A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sujiono, Y. N.. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press. Depdiknas.
Trianto. (2010). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA Dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta:Dikti.
Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–6. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu
Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. (2019). Construction of The Assessment Concept to Measure Students’ High Order Thinking Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 237–251. https://doi.org/10.17478/jegys.528180
Yulia, T. (2017). Pengaruh Glasses Painting Terhadap Perkembangan Kreativitas Seni di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Padang.Skripsi. UNP Padang.