Main Article Content

Abstract

Karakter anak-anak yang berada di tempat penelitian ini belum memperlihatkan rasa tanggung jawab terhadap kewajibannya. Karakter-karakter yang lainnya saja yang terlihat. Sehingga tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab di Taman kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 orang, dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket model skala likert, wawancara dan observasi. Validitas angket ditentukan dengan mengadakan uji validitas. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase tingkat capaian yaitu skor data dibagi skor ideal dikali seratus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter tanggung jawab di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Kota Padang berada pada kategori tinggi dengan tingkat capaian 86,03%.

Article Details

How to Cite
Haryani, R. I., Jaya, I., & Yulsyofriend, Y. (2019). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.105-114

References

  1. Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MENGENAL BENDA CAIR MELALUI METODE EKSPERIMEN. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2). https://doi.org/10.33369/jip.3.2
  2. Bekleyen, N. (2011). Can I Teach English to Children? Turkish Preservice Teacher Candidates and Very Young Learners. Journal of Early Childhood Teacher Education, 32(3), 256–265. https://doi.org/10.1080/10901027.2011.594700
  3. DITJEN_PAUDNI. (2012). Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Hermawan, I. K. D. (2015). Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan Performance of Early Childhood Education and Nonformal Edu- Cation Based on Education Mission. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 87–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.178
  5. Li, Y. L. (2004). Pupil-teacher interactions in Hong Kong kindergarten classrooms - Its implications for teachers’ professional development. Learning Environments Research, 7(1), 23–42. https://doi.org/10.1023/B:LERI.0000022280.11397.f8
  6. Marsh, J. A. (2006). Emergent media literacy: Digital animation in early childhood. Language and Education, 20(6), 493–506. https://doi.org/10.2167/le660.0
  7. Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  8. Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA HULAHOOP PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AL-SYAFAQOH KABUPATEN REJANG LEBONG. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
  10. Salminen, J., Lerkkanen, M. K., Poikkeus, A. M., Pakarinen, E., Siekkinen, M., Hännikäinen, M., … Rasku-Puttonen, H. (2012). Observed Classroom Quality Profiles of Kindergarten Classrooms in Finland. Early Education and Development, 23(5), 654–677. https://doi.org/10.1080/10409289.2011.574267
  11. Saripudin, A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
  12. Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Timmons, K. (2018). Educator Expectations in Full-Day Kindergarten: Comparing the Factors That Contribute to the Formation of Early Childhood Educator and Teacher Expectations. Early Childhood Education Journal, 46(6), 613–628. https://doi.org/10.1007/s10643-018-0891-0
  14. Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2
  15. Wolf, S. (2018). Impacts of Pre-Service Training and Coaching on Kindergarten Quality and Student Learning Outcomes in Ghana. Studies in Educational Evaluation, 59, 112–123. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.05.00