Main Article Content
Abstract
Kedisiplinan merupakan sifat dari pertanggungjawaban individu untuk melaksanakan segala sesuatunya dengan tepat waktu. Jika tidak disiplin, maka pekerjaannya yang diembannya akan menjadi terbengkalai. Kedisiplinan juga perlu diterapkan dalam civitas akademika PAUD. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kedisiplinan Guru PAUD di Gugus Asoka Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru di Gugus Asoka Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu. Sampel populasi yang ada di Gugus Asoka Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu berjumlah 30 orang guru dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis menggunakan uji statistik rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kedisiplinan guru PAUD ada pada kategori baik. Pada kedisiplinan guru sikap dan tingkah laku ada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar kedisiplinan guru dapat lebih ditingkatkan lagi terutama pada kedisiplinan sikap dan tingkah laku agar kedisiplinan guru untuk kedepannya dapat lebih baik lagi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustriana, N. (2019). PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. Al-Fitrah, 1(2), 216–228. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1517
- Anggraini. (2017). Upaya Guru DalamMeningkatkan Kompetensi Pedagogik Di SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan
- Aqib, Z., dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
- Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Aritonang. (2005). Disiplin Kerja Guru. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
- Asmani, J. M. (2009). 7 kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power books (IHDINA)
- Barnawi, A. M. (2014). Instrument Pembinaan, Peningkatan & Penilaian Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar Ruzz MediaBinti,
- Daryanto. (2013). Standard Kompetensi dan Penilaian Kerja Guru Profesional.Yogyakarta: Gava Media.
- Djamarah, S.B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:PT Rineka Cipta.
- Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
- Drajat. (2014). Etika Profesi Guru. Bandung: Aflabeta
- Furqon, H. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Peradapan Bangsa, Surakarta: Yuma Pressindo
- Hurlock, & Elizabeth. (1990). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Erlangga
- Idris, M., & Sandra, M. (2010). Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group
- Imran, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Jannah, L. A. (2013). Kesalahan-kesalahan guru PAUD yang sering dianggap sepeleh. Jogjakarta: DIVA Press
- Maunah. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras
- Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
- Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Nashir, A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Belajar. Universitas Muhammadiyah Makassar
- Ngainun, N. (2012). Character Building. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA
- Nopriyadi, A. (2016). Pendidikan Kedisiplinan di Taman Kanak-kanak Dharma Bakti Kabupaten Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta
- Rahman, M. A. (2013). Kesalahan-kesalahan guru saat mengajar. Jogjakarta: Laksana
- Rimang. (2011). Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Bandung: Alfabeta.
- Rusyan, A. T., dkk. (2006). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya
- Sastrohadiwiryo. (2002). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
- Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
- Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
- Yoesana. (2013). Hubungan antara Motivasi Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai. Jakarta : Gramedia Pustaka
References
Agustriana, N. (2019). PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. Al-Fitrah, 1(2), 216–228. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1517
Anggraini. (2017). Upaya Guru DalamMeningkatkan Kompetensi Pedagogik Di SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan
Aqib, Z., dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aritonang. (2005). Disiplin Kerja Guru. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Asmani, J. M. (2009). 7 kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power books (IHDINA)
Barnawi, A. M. (2014). Instrument Pembinaan, Peningkatan & Penilaian Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar Ruzz MediaBinti,
Daryanto. (2013). Standard Kompetensi dan Penilaian Kerja Guru Profesional.Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S.B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Drajat. (2014). Etika Profesi Guru. Bandung: Aflabeta
Furqon, H. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Peradapan Bangsa, Surakarta: Yuma Pressindo
Hurlock, & Elizabeth. (1990). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Erlangga
Idris, M., & Sandra, M. (2010). Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group
Imran, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Jannah, L. A. (2013). Kesalahan-kesalahan guru PAUD yang sering dianggap sepeleh. Jogjakarta: DIVA Press
Maunah. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nashir, A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Belajar. Universitas Muhammadiyah Makassar
Ngainun, N. (2012). Character Building. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA
Nopriyadi, A. (2016). Pendidikan Kedisiplinan di Taman Kanak-kanak Dharma Bakti Kabupaten Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta
Rahman, M. A. (2013). Kesalahan-kesalahan guru saat mengajar. Jogjakarta: Laksana
Rimang. (2011). Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Bandung: Alfabeta.
Rusyan, A. T., dkk. (2006). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya
Sastrohadiwiryo. (2002). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Yoesana. (2013). Hubungan antara Motivasi Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai. Jakarta : Gramedia Pustaka