Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas kolase dengan media serutan pensil pada perkembangan motorik halus anak-anak, Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan wawancara dengan total sampel 13 anak. Hasil dari penelitian ini 11 anak memiliki berkembang sangat baik dan 2 orang belum berkembang. Anak yang belum berkembang dipengaruhi oleh penghinaan anak, karena anak ini selalu ingin membantu orang lain. Setiap individu memiliki potensi untuk mengalami masalah anak usia dini. Salah satu masalah individu pada anak usia dini adalah perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus berkaitan dengan pengembangan kemampuan dalam menggunakan jari untuk menggunakan berbagai kegiatan seperti montion, menempel, mencubit, memotong, melukis, dan lain-lain. Masalah perkembangan motorik halus ditemukan pada anak usia 5-6 tahun yang memiliki masalah dalam melakukan kolase. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah layanan, bimbingan dan konseling. Layanan, bimbingan dan konseling yang dapat diterapkan adalah layanan konsultasi dengan metode permainan.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, (2002). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Azhar, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
- Danim, S. (2002). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Remaja Rosda Karya
- Dayton & Kem, (1998). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada
- Depdiknas, (2005). Pedoman pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah.
- Depdikbud, (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
- Dinar, P. W. 2007. Psikologi Anak Usia Dini. Surakarta : PT. Indeks
- Gerlach dkk, (1971). Instructional Media Technology for Learning. Jakarta: PT. Grafindo Jakarta.
- Gozansky, Y. (2017). From pupils to consumers: the transformation of the concept of childhood in Israeli children’s television. Journal of Children and Media, 11(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/17482798.2016.1203809
- Green, M., Mcneese, M. N., & Mississippi, S. (2007). Using edutainment software to enhance online learning. International Journal on E-Learning, 6, 5–16. Retrieved from http://www.editlib.org/p/6317/
- Haenilah, E. Y. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.
- Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Berlin: Springer Science & Business Media.
- Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82
- Lagerlöf, P., Wallerstedt, C., & Pramling, N. (2013). Engaging children’s participation in and around a new music technology through playful framing. International Journal of Early Years Education, 21(4), 325–335. https://doi.org/10.1080/09669760.2013.867170
- Gusril & Toho, (2004). Perkembangan Motorik Anak-anak. Jakarta: PT. Indeks.
- Margono, (2009). Metode penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Marsh, J. A. (2006). Emergent media literacy: Digital animation in early childhood. Language and Education, 20(6), 493–506. https://doi.org/10.2167/le660.0
- Moleong, L. J. (2008). Metodelogi Penelitian Klualitatif. Bandung Remaja Rosda Karya
- Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA HULAHOOP PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AL-SYAFAQOH KABUPATEN REJANG LEBONG. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
- Pangastuty, A. G., Cahyana, U., & Purwanto, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA LECTUREMAKER DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA MELALUI PENERAPAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia. https://doi.org/10.21009/jrpk.031.04
- Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54
- Rantina, S., (2008). Master Kolase. Klaten: PT. Cemerlang Indonesia
- Rudyanto & Saputra, Y. M., (2005). Pembelajaran kooperatif meningkatkan keterampilan anak Taman Kanak-Kanak. Jakrta : Depdiknas
- Suyadi, (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta : PT. Pusaka Insani
- Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2
- Wenno, I. H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.
- Xie, X., Gai, X., & Zhou, Y. (2019). A meta-analysis of media literacy interventions for deviant behaviors. Computers & Education, 139, 146–156. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.05.008
References
Arikunto, (2002). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azhar, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Danim, S. (2002). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Remaja Rosda Karya
Dayton & Kem, (1998). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Depdiknas, (2005). Pedoman pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah.
Depdikbud, (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dinar, P. W. 2007. Psikologi Anak Usia Dini. Surakarta : PT. Indeks
Gerlach dkk, (1971). Instructional Media Technology for Learning. Jakarta: PT. Grafindo Jakarta.
Gozansky, Y. (2017). From pupils to consumers: the transformation of the concept of childhood in Israeli children’s television. Journal of Children and Media, 11(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/17482798.2016.1203809
Green, M., Mcneese, M. N., & Mississippi, S. (2007). Using edutainment software to enhance online learning. International Journal on E-Learning, 6, 5–16. Retrieved from http://www.editlib.org/p/6317/
Haenilah, E. Y. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Berlin: Springer Science & Business Media.
Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82
Lagerlöf, P., Wallerstedt, C., & Pramling, N. (2013). Engaging children’s participation in and around a new music technology through playful framing. International Journal of Early Years Education, 21(4), 325–335. https://doi.org/10.1080/09669760.2013.867170
Gusril & Toho, (2004). Perkembangan Motorik Anak-anak. Jakarta: PT. Indeks.
Margono, (2009). Metode penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Marsh, J. A. (2006). Emergent media literacy: Digital animation in early childhood. Language and Education, 20(6), 493–506. https://doi.org/10.2167/le660.0
Moleong, L. J. (2008). Metodelogi Penelitian Klualitatif. Bandung Remaja Rosda Karya
Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA HULAHOOP PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AL-SYAFAQOH KABUPATEN REJANG LEBONG. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Pangastuty, A. G., Cahyana, U., & Purwanto, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA LECTUREMAKER DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA MELALUI PENERAPAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia. https://doi.org/10.21009/jrpk.031.04
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54
Rantina, S., (2008). Master Kolase. Klaten: PT. Cemerlang Indonesia
Rudyanto & Saputra, Y. M., (2005). Pembelajaran kooperatif meningkatkan keterampilan anak Taman Kanak-Kanak. Jakrta : Depdiknas
Suyadi, (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta : PT. Pusaka Insani
Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2
Wenno, I. H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.
Xie, X., Gai, X., & Zhou, Y. (2019). A meta-analysis of media literacy interventions for deviant behaviors. Computers & Education, 139, 146–156. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.05.008