Main Article Content

Abstract

Media pembelajaran sangat penting keberlangsungan pembelajaran. Keberadaannya harus tetap konsisten agar pembelajaran tetap ada.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keberadaan dan kondisi media pembelajaran PAUD di kecamatan Ketahun kabupaten Bengkulu Utara ditinjau dari keberadaan dan kondisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh lembaga PAUD di kecamatan Ketahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah cluster sampling (area sampel). Sampel berjumlah enam lembaga PAUD. Daerah 1 adalah desa Giri Kencana (TK Negeri Pembina Ketahun) dan desa Bukit Indah (PAUD Kasih Bunda). Daerah 2 adalah desa Pasar Ketahun (PAUD Budi Dharma) dan desa Urai (PAUD Kemilau Bangsa). Daerah 3 adalah desa Bukit Tinggi (PAUD Tunas Harapan) dan Kuala Langi (PAUD Tunas Harapan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis menggunakan uji statistik presentase dan juga uji rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran di lembaga PAUD kecamatan Ketahun adalah kurang. TK Negeri Pembina Ketahun mendapatkan skor 39 (67%) pada kategori cukup. PAUD Kasih Bunda mendapatkan skor 32 (55%) pada kategori kurang. PAUD Budi Dharma mendapatkan skor 23 (39%) pada kategori sangat kurang. PAUD Kemilau Bangsa mendapatkan skor 40 (68%) pada kategori cukup. PAUD Tunas Harapan Bukit Tinggi mendapatkan skor 32 (55%) pada kategori kurang. PAUD Tunas Harapan Kuala Langi mendapatkan skor 22 (37%) pada kategori sangat kurang. Jenis-jenis media pembelajaran masih belum bervariasi sehingga untuk selanjutnya perlu adanya perhatian agar jenis media pembelajaran dapat ditingkatkan. Hal ini karena lembaga PAUD terkendala pada biaya dan kurang memanfaatkan media yang ada di lingkungan sekitar lembaga PAUD.

Article Details

How to Cite
Dasriana, C., Suryadi, D., & Delrefi D., D. D. (2020). Kondisi Media Pembelajaran Di Lembaga PAUD Se-Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.65-73

References

  1. Asmawati, L. (2008). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Secara Islami. Jakarta: STIT Insida.
  2. Azhar, A. (2008). Media pembelajaran; Edisi revisi. Repositori Riset Kesehatan Nasional. https://doi.org/http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=4667
  3. Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
  4. Friska Fitriani Sholekah. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  5. G., S. R. D. (2019). Proses Pengembangan Anak di Kelompok Bermain dalam Perpektif BCCT. In Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed., pp. 8.1-8.51). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  6. Green, M., Mcneese, M. N., & Mississippi, S. (2007). Using edutainment software to enhance online learning. International Journal on E-Learning, 6, 5–16. Retrieved from http://www.editlib.org/p/6317/
  7. Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 100. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2244
  8. Nurmiati. (2019). Menu Pembelajaran Generik Secara Umum. In Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed., pp. 5.1-5.47). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  9. Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54
  10. Qomariah, L. N. &. (2017). Metode Penelitian Survey. Progress in Physical Geography. https://doi.org/10.1177/0309133309346882
  11. Rismayadi, B., & Maemunah, M. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Concord Indonesia). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.181
  12. Saregar, A., Giyoto, G., Ariyani, F., Pawe, T. I., Pricilia, A., & Astriawan, D. (2019). How to Design Physics Posters Learning Media with Islamic Values in Developing Learning Motivation and Student Character? In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012093
  13. Sari, I. K., & Yunianta, T. N. H. (2017). EFFORTS TO IMPROVE MATH LEARNING RESULT OF FOURTH GRADE STUDENTS THROUGH CONTEXTUAL MODEL TEACHING AND LEARNING WITH CUISENAIRE RODS MEDIA. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 143. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p143-152
  14. Seefeldt, C., & Wasik, B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
  15. Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.33369/JIP.2.1.47-56