Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran sangat penting keberlangsungan pembelajaran. Keberadaannya harus tetap konsisten agar pembelajaran tetap ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keberadaan dan kondisi media pembelajaran PAUD di kecamatan Ketahun kabupaten Bengkulu Utara ditinjau dari keberadaan dan kondisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh lembaga PAUD di kecamatan Ketahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah cluster sampling (area sampel). Sampel berjumlah enam lembaga PAUD. Daerah 1 adalah desa Giri Kencana (TK Negeri Pembina Ketahun) dan desa Bukit Indah (PAUD Kasih Bunda). Daerah 2 adalah desa Pasar Ketahun (PAUD Budi Dharma) dan desa Urai (PAUD Kemilau Bangsa). Daerah 3 adalah desa Bukit Tinggi (PAUD Tunas Harapan) dan Kuala Langi (PAUD Tunas Harapan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis menggunakan uji statistik presentase dan juga uji rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran di lembaga PAUD kecamatan Ketahun adalah kurang. TK Negeri Pembina Ketahun mendapatkan skor 39 (67%) pada kategori cukup. PAUD Kasih Bunda mendapatkan skor 32 (55%) pada kategori kurang. PAUD Budi Dharma mendapatkan skor 23 (39%) pada kategori sangat kurang. PAUD Kemilau Bangsa mendapatkan skor 40 (68%) pada kategori cukup. PAUD Tunas Harapan Bukit Tinggi mendapatkan skor 32 (55%) pada kategori kurang. PAUD Tunas Harapan Kuala Langi mendapatkan skor 22 (37%) pada kategori sangat kurang. Jenis-jenis media pembelajaran masih belum bervariasi sehingga untuk selanjutnya perlu adanya perhatian agar jenis media pembelajaran dapat ditingkatkan. Hal ini karena lembaga PAUD terkendala pada biaya dan kurang memanfaatkan media yang ada di lingkungan sekitar lembaga PAUD.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asmawati, L. (2008). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Secara Islami. Jakarta: STIT Insida.
- Azhar, A. (2008). Media pembelajaran; Edisi revisi. Repositori Riset Kesehatan Nasional. https://doi.org/http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=4667
- Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
- Friska Fitriani Sholekah. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
- G., S. R. D. (2019). Proses Pengembangan Anak di Kelompok Bermain dalam Perpektif BCCT. In Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed., pp. 8.1-8.51). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Green, M., Mcneese, M. N., & Mississippi, S. (2007). Using edutainment software to enhance online learning. International Journal on E-Learning, 6, 5–16. Retrieved from http://www.editlib.org/p/6317/
- Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 100. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2244
- Nurmiati. (2019). Menu Pembelajaran Generik Secara Umum. In Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed., pp. 5.1-5.47). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54
- Qomariah, L. N. &. (2017). Metode Penelitian Survey. Progress in Physical Geography. https://doi.org/10.1177/0309133309346882
- Rismayadi, B., & Maemunah, M. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Concord Indonesia). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.181
- Saregar, A., Giyoto, G., Ariyani, F., Pawe, T. I., Pricilia, A., & Astriawan, D. (2019). How to Design Physics Posters Learning Media with Islamic Values in Developing Learning Motivation and Student Character? In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012093
- Sari, I. K., & Yunianta, T. N. H. (2017). EFFORTS TO IMPROVE MATH LEARNING RESULT OF FOURTH GRADE STUDENTS THROUGH CONTEXTUAL MODEL TEACHING AND LEARNING WITH CUISENAIRE RODS MEDIA. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 143. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p143-152
- Seefeldt, C., & Wasik, B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
- Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.33369/JIP.2.1.47-56
References
Asmawati, L. (2008). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Secara Islami. Jakarta: STIT Insida.
Azhar, A. (2008). Media pembelajaran; Edisi revisi. Repositori Riset Kesehatan Nasional. https://doi.org/http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=4667
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
Friska Fitriani Sholekah. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
G., S. R. D. (2019). Proses Pengembangan Anak di Kelompok Bermain dalam Perpektif BCCT. In Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed., pp. 8.1-8.51). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Green, M., Mcneese, M. N., & Mississippi, S. (2007). Using edutainment software to enhance online learning. International Journal on E-Learning, 6, 5–16. Retrieved from http://www.editlib.org/p/6317/
Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 100. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2244
Nurmiati. (2019). Menu Pembelajaran Generik Secara Umum. In Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed., pp. 5.1-5.47). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54
Qomariah, L. N. &. (2017). Metode Penelitian Survey. Progress in Physical Geography. https://doi.org/10.1177/0309133309346882
Rismayadi, B., & Maemunah, M. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Concord Indonesia). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.181
Saregar, A., Giyoto, G., Ariyani, F., Pawe, T. I., Pricilia, A., & Astriawan, D. (2019). How to Design Physics Posters Learning Media with Islamic Values in Developing Learning Motivation and Student Character? In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012093
Sari, I. K., & Yunianta, T. N. H. (2017). EFFORTS TO IMPROVE MATH LEARNING RESULT OF FOURTH GRADE STUDENTS THROUGH CONTEXTUAL MODEL TEACHING AND LEARNING WITH CUISENAIRE RODS MEDIA. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 143. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p143-152
Seefeldt, C., & Wasik, B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.33369/JIP.2.1.47-56