Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi orangtua yang menunggui anaknya di PAUD Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orangtua tentang alasan menunggui anak di PAUD. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua kelompok B yang menunggui anak yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan penilaian rata-rata. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa orangtua menunggui anak di sekolah karena belum yakin terhadap perkembangan yang dimiliki anak dengan hasil persepsi menunggu anak baik bagi orangtua. Sebagai saran kepada orangtua, untuk dapat lebih memberikan kepercayaan kepada pihak sekolah, dan kepada peneliti berikutnya diharapkan dapat lebih luas cakupan penelitian tentang menunggui anak di PAUD.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
- Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Munir, Zaldy. 2010. Peran dan Fungsi Orangtua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Diunduh dari https://zaldym.wordpress. com/2010/07/17/peran- dan-fungsi-orang-tua- dalam-mengembangkan- kecerdasan-emosional- anak/. Diakses tanggal 24
- Februari 2019. Mustafidah, Hidayati & Tanireja,
- Tukiran. 2012. Penelitian Kuantitaif (sebuah pengantar). Bandung: Alfabeta.
- N, Syamsu Yusuf L dan Nani M.
- Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Novan, dkk. 2012. Format PAUD.
- Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Nugraha, Ali dan Yeni Rachmawati.
- Metode Pengembangan Sosial Emosional. Banten: Universitas Terbuka.
- Sudjana, Nana. 2006. Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdiknas.
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sujiono, dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Bandung: Universitas Terbuka.
- Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2015.
- Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
- Permendiknas. 2003. Undang- undang No. 20 Tahun
- tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
- Zakarsy. 1998. Fungsi Orangtua Dalam Keluarga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
References
Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Munir, Zaldy. 2010. Peran dan Fungsi Orangtua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Diunduh dari https://zaldym.wordpress. com/2010/07/17/peran- dan-fungsi-orang-tua- dalam-mengembangkan- kecerdasan-emosional- anak/. Diakses tanggal 24
Februari 2019. Mustafidah, Hidayati & Tanireja,
Tukiran. 2012. Penelitian Kuantitaif (sebuah pengantar). Bandung: Alfabeta.
N, Syamsu Yusuf L dan Nani M.
Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Novan, dkk. 2012. Format PAUD.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nugraha, Ali dan Yeni Rachmawati.
Metode Pengembangan Sosial Emosional. Banten: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 2006. Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Bandung: Universitas Terbuka.
Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2015.
Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Permendiknas. 2003. Undang- undang No. 20 Tahun
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Zakarsy. 1998. Fungsi Orangtua Dalam Keluarga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.