Main Article Content

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi orangtua yang menunggui anaknya di PAUD Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orangtua tentang alasan menunggui anak di PAUD. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua kelompok B yang menunggui anak yang  berjumlah  40  orang.  Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini dilakukan melalui angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan penilaian rata-rata.  Hasil  penelitian  ini  ditemukan  bahwa  orangtua  menunggui anak  di sekolah karena belum yakin terhadap perkembangan yang dimiliki anak dengan hasil  persepsi  menunggu  anak  baik  bagi  orangtua.  Sebagai  saran  kepada orangtua, untuk dapat lebih memberikan kepercayaan kepada pihak sekolah, dan kepada peneliti berikutnya diharapkan dapat lebih luas cakupan penelitian tentang menunggui anak di PAUD.

Article Details

How to Cite
Kurnia Sari, N., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Persepsi Orangtua Tentang Alasan Menunggu Anak di PAUD Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 74–82. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.74-82

References

  1. Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  3. Munir, Zaldy. 2010. Peran dan Fungsi Orangtua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Diunduh dari https://zaldym.wordpress. com/2010/07/17/peran- dan-fungsi-orang-tua- dalam-mengembangkan- kecerdasan-emosional- anak/. Diakses tanggal 24
  4. Februari 2019. Mustafidah, Hidayati & Tanireja,
  5. Tukiran. 2012. Penelitian Kuantitaif (sebuah pengantar). Bandung: Alfabeta.
  6. N, Syamsu Yusuf L dan Nani M.
  7. Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  8. Novan, dkk. 2012. Format PAUD.
  9. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  10. Nugraha, Ali dan Yeni Rachmawati.
  11. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Banten: Universitas Terbuka.
  12. Sudjana, Nana. 2006. Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdiknas.
  13. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  14. Sujiono, dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Bandung: Universitas Terbuka.
  15. Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2015.
  16. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  17. Permendiknas. 2003. Undang- undang No. 20 Tahun
  18. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
  19. Zakarsy. 1998. Fungsi Orangtua Dalam Keluarga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.