Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, kemampuan membuat mind mapping dan hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan bantuan teknik mind mapping di kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian mind mapping dan lembar tes. Hasil penelitian dari analisa data observasi guru siklus I diperoleh skor rata-rata 26 (baik), siklus II menjadi 30 (baik). Hasil analisis data observasi peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 24 (baik), siklus II menjadi 30 (baik). Hasil analisis data penilaian kemampuan membuat mind mapping siklus I diperoleh persentase nilai 65% (baik), siklus II menjadi 80% (baik). Kemudian hasil belajar ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 65,71%, siklus II menjadi 85,71%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri terstruktur dengan bantuan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Inkuiri Terstruktur, Mind Mapping, Hasil Belajar.

Abstract

This study aims to describe teaching activities, learning activities, ability to make mind mapping and students' learning outcome by implementation of structured inquiry model at VIII.1 class of SMPN 04 Kota Bengkulu on the material of human excretion system. Type of this research was a classroom action research that was conducted in two cycles and each cycle consists of four stages: planning, implementation of action, observation, and reflection. The subjects of the study were teachers and students at VIII7 class of SMPN 04 Kota Bengkulu in academic year 2017/2018, which was consisted of 35 students. The research instrument was used observation sheet, mind mapping assessment sheet and test sheet. The results of the teachers' observation data analysis in cycle I obtained an average score of 26 (good), cycle II to 30 (good). The result of data observation analysis of learning activities,  cycle I obtained an average score of 24 (good), cycle II to 30 (good). The result of data observation analysis of students’ ability to make mind mapping, cycle I obtained an persentage score of 65% (good), cycle II to 80% (good). Then, the learning result of cognitive aspect of cycle I got 65,71%, cycle II to 85,71%%. As the conclusion of this study, that Structured inquiry learning model with mind mapping tehnique could improve students' learning outcome at VIII7 class of SMPN 04 Kota Bengkulu.

Keywords: Structured Inquiry, Mind Mapping, Learning Outcome.

Article Details

How to Cite
Sari, N. P., Yennita, Y., & Irawati, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII7. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 123–131. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.123-131

References

  1. Afni, Ragil Tiara. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIIIA SMPN 11 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bengkulu: FKIP UNIB.
  2. Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Ferlina, Okta. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII.2 Tahun Ajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Srono Banyuwangi. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jember: Universitas Negeri Jember.
  4. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  5. Nugroho, Purwo Adi. 2012. Penerapan Guided Inquiry Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  6. Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
  7. Sari, Fatimah Nurmala dan Herawati Susilo. 2015. Penggunaan Peta Pikiran (Mind mapping) sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study. Makalah disajikan dalam Seminar Nassional Pendidikan dan Saintek 2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta ,21 Mei.
  8. Seniwati. 2010. Peningkatan Aktivitas, Sikap dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan., 3 (1): 317-321.
  9. Setiawati, Rita dan Jamal Abujundi. 2018. Kiat-kiat Menjadi Guru Pemulayang Hebat. Yogyakarta: Deepublish.
  10. Suardi. 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.
  11. Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  12. Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.
  14. Zein, Anizam. 2015. Penggunaan Mind Map Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum di FMIPA Universitas Negeri Padang. Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak. Hal 482 – 491.
  15. Zubaidah, Siti. Susriyati Mahanal, dan Lia Yuliati. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.