Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD identifikasi jenis-jenis bambu di Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah pada materi klasifikasi tumbuhan terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 01 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan pretest-posttest control group design dan teknik pengambilan sampel adalah tak acak dengan convenience sampling. Penelitian dilakukan pada kelas VII A sebagai kelompok II dengan perlakuan II dan kelas VII B sebagai kelompok I dengan perlakuan I. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes objektif sebanyak 20 butir soal sebagai soal pretest dan posttest yang setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas diperoleh 10 butir soal valid dan reliabel yang digunakan pada kelompok I dan kelompok II. Data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 didapat hasil thitung (2,04) > tTabel (1,99) sehingga H0 ditolak dan H­­1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD identifikasi jenis-jenis bambu di Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah pada materi klasifikasi tumbuhan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 01 Bengkulu Utara.

Article Details

How to Cite
Oktricia, H., Yani, A. P., & Ansori, I. (2019). PENGARUH PENERAPAN LKPD IDENTIFIKASI JENIS-JENIS BAMBU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 166–173. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.166-173