Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan identifikasi jenis capung di persawahan desa Lubuk Kembang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (dua orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan guru Biologi SMA kelas X), dan lembar keterbacaan untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun dinilai sangat layak digunakan dengan nilai rata-rata 81,56%. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik juga memperoleh predikat sangat baik dengan nilai rata-rata 93,03%. Berdasarkan hasil uji validitas dan keterbacaan tersebut, LKPD yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayatil, subtopik tingkat keanekaragaman hayati pada kelas X SMA.

Kata kunci: Capung, dentifikasi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Article Details

How to Cite
Novianti, H., Ansori, I., & Idrus, I. (2019). PENGEMBANGAN LKPD BIOLOGI KELAS X SMA BERDASARKAN IDENTIFIKASI JENIS CAPUNG DI KAWASAN PERSAWAHAN DESA LUBUK KEMBANG. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 195–201. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.195-201

References

  1. Ansori, I. 2008. Keanekaragaman Nimfa Odonata (Dragonglies) di Beberapa Persawahan Sekitar Bandung Jawa Barat. Jurnal Exacta 6 (2): 42-52.
  2. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  3. Devi, P. K., dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: PPPPTK IPA.
  4. Handini, M. N. 2018. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Serawai Sebagai Pengembangan Handout Biologi Kelas X SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Biologi 2 (2) : 35-43. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6802). Diakses 20 Juni 2019.
  5. Hanum, S. O., Salma, S., dan Delmi. 2013. Jenis-jenis Capung (Odonata) diKawasan Taman Satwa kandi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Jurnal Biologi Universitas Andalas 2(1) : 71-76. (online). (http://jbioua.fmipa.unand.ac.id/index.php/jbioua/article/view/41). Diakses 20 Juni 2019.
  6. Nurdin, S. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
  7. Pitasari, Y., Abdul, R., Kasrina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Studi Pengaruh Osmosis Terhadap Warna Mata. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Biologi 2 (2) : 16-21. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6799). Diakses 06 Juli 2019.
  8. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : Diva Press.
  9. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Vaibel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  10. Suriana., Adi, D. A., dan Hardianti, W. O. D. 2014. Inventarisasi Capung(Odonata) di Sekitar Sungai dan Rawa Morano, Desa Sumber Sari Kecamatan Morano Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara. Biowallacea. 1 (1): 49-62. (Online). (http://ojs.uho.ac.id/index.php/wallacea/article/view/46). Diakses 20 Juni 2019.
  11. Suwarjo. 2013. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: UNY.
  12. Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali pers.
  13. Tivani, I., Paidi. 2016. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk
  14. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan 2(1): 35-45. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view /8804 ). Diakses 28 Juni 2019.
  15. Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta ddik(LKPD) sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta : PPPP TK Matematika.
  16. Widjajanti, Endang. 2008. Pelatihan Penyusunan LKPD Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Yogyakarta: FMIPA UNY.
  17. Yasir, M., Susantini, E., dan Isnawati. 2013. Pengembangan lembar kerja Siswa (LKS) Berbasis Stretegi Belajar metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat manusia. BioEdu. 2(1) ; 77-82. (Online). ( https: //jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/1622 ) . Diakses 28 Juni 2019.