Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan inventarisasi jenis ordo Anura di lingkungan Universitas Bengkulu (UNIB). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket untuk tiga orang validator (dua orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan guru Biologi SMA kelas X), dan lembar keterbacaan untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun dinilai sangat layak digunakan dengan nilai rata-rata 91,25%. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik juga memperoleh predikat sangat layak dengan nilai rata-rata 93%. Berdasarkan hasil uji validitas dan keterbacaan tersebut, LKPD yang dikembangkan ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayatil, subtopik keanekaragaman hayati tingkat jenis pada kelas X SMA.

Kata kunci: inventarisasi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), ordo Anura

Article Details

How to Cite
Selpiya, M., Ruyani, A., & Ansori, I. (2019). PENGEMBANGAN LKPD BIOLOGI KELAS X SMA BERDASARKAN INVENTARISASI JENIS ORDO ANURA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 202–211. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.202-211

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  3. Efriadi. Feri. 2015. Inventarisasi Jenis Amfibi (Ordo Anura) Di Kawasan Kampus Utama Universitas Bengkulu. Skripsi tidak dipublikasikan, Penelitian Mahasiswa S1, Universitas Bengkulu. Bengkulu.
  4. Handini,M.N. 2018. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Serawai Sebagai Pengembangan Handout Biologi Kelas X SMA. Diklabio 2 (2): 3543.(Online).(http://ejournal.unib.ac/index.php/jppb/article/view/6802/3396). Diakses 2 Juli 2019.
  5. Kurniati, Hellen dan Amir, Hamidy. 2014. Karakteristik suara kelompok kodok Microhylidae berubah kecil asal Bali. Jurnal Biologi Indonesia. 10 (2): 159-167.(Online).(https://media.neliti.com/media/publications/77559-id-). Diakses 29 Juni 2019.
  6. Mardinata, R., G.D, Winarno dan N. Nurcahyani. 2018. Keanekaragaman Amfibi (Ordo Anura) Di Tipe Habitat. Berbeda Resort Balik Bukit Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Jurnal. 6(1): 58-59. (Online).(http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/jht/article/view/103). Diakses 29 Juni 2019.
  7. Mistar. 2008. Panduan Lapangan Amfibi dan Reptil di Areal Mawas Propinsi Kalimantan Tengah. Medan: Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo.
  8. Nurhayati, N., R. Wijayanti. 2016. Biologi untuk SMA/MA kelas X. Bandung : Yrama Widya.
  9. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
  10. Qurniawan,T.F., Hastin,A,I dan Rury,E. 2010. Studi Awal Komunitas Ordo Anura di Kawasan Ekowisata Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Penelitian. 1 (2) :119-125. (Online).(https://journal.bio.unsoed.ac.id/index.php/biosfera/article/view/201). Diakses 2 Juli 2019.
  11. Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  12. Sadjati, I.M. (2012) Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
  13. Salirawati, Das. 2004. Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran.(Online).(www.staffnew.uny.ac.id/upload/132001805).Diakses 14 Juli 2019.
  14. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
  15. Widarmayanti, R. P., Susantini, E., Ambarwati, R. 2015. Profil Validitas LKS Berbasis Keterampilan Proses Pada Subpokok Bahasan Invertebrata Untuk Kelas X SMA. Jurnal Bioedu. 4 (1): 2302-9528. (Online). (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/10931). Diakses 29 juni 2019.
  16. Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta : PPPP TK Matematika.
  17. Zukmadini, Alif Yanuar., Jumiarni, Dewi., Kasrina. 2018. Developing ntimicrobial Medicinal Plants Pocketbook Based on Local Wisdom of Muko-Muko and Serawai Ethnics. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 4(2):95-104. http://ejournal.umm.ac.id/index.ph p/jpbi/article/view/5436. Diakses 14 Juli 2019.