Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan  peserta didik  kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 orang. Variabel penelitian ini adalah pemahaman konsep peserta didik dan model pembelajaran discovery learning. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rerata dan kategori skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata aktivitas guru pada siklus I sebesar 23 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 25 (baik). Rata-rata pemahaman konsep peserta didik pada siklus I yaitu 74,7 (baik) meningkat menjadi 82,8 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep pencemaran lingkungan peserta didik kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu.

Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, pencemaran lingkungan

Article Details

How to Cite
Novianjani, M., Karyadi, B., & Idrus, I. (2019). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 212–221. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.212-221

References

  1. Fitriani, Ulvia., Bhakti, K. & Irwandi, A. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Peserta Didik SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Biologi 1(1): 89-90 (online) (https://ejournal.unib.ac.id/ index.php/jppb/article/download/3152/1598). Di akses pada 18 September 2018
  2. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
  3. Huda, Mochammad Khoirul. 2018. Peningkatan Pemahaman konsep Peserta didik SMP Pada Submateri Asam Basa Garam dengan Penerapan Model Discovery Learning. Pensa e-Jurnal 6(2): 75-76 (online) (https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/23062/21130) Diakses tanggal 1 September 2018
  4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  5. Kurniasih, S. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Model Discovery Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep pada Materi Respirasi untuk Kelas Vii SMPN 1 Pondok Kelapa. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu
  6. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs (salinan)
  7. Roestiyah dan Suharto, Yumiati. 1985. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
  8. Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Sekolah Menengah Pertama/Madrasah tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
  11. Suhada, Rihwan., Irdam I., Kasrina. 2019. Penerapan Model Discvery Learning pada Materi Fotosintesis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIIIA SMPN 26 Seluma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Biologi 3(1): 38-39 (online) (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/7816/3956) Diakses pada 18 Juli 2019
  12. Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
  13. Wahab, N., & Sundari, S. 2018. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Biologi Metabolisme Untuk Meningkatkan Aktivitas Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII-IPA I Di SMA Negeri 4 Kota Ternate. Seminar Nasional Biologi Kepulauan (Vol. 1): 61 (http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/semnasbio/article/view/1040/774) Diakses pada 18 Juli 2019
  14. Widyiadnyana, I. W., Sadja, I. W. & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 8-11 (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article?view/134) Diakses pada 6 maret 2019
  15. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu