Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif yaitu 53,12% di siklus I menjadi 75% di siklus II. Sedangkan ranah psikomotor rerata skor pada siklus I adalah 9,28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 10,63 dengan kategori baik. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada Kelas VIIB SMPN 22 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Discovery Learning pada materi Sistem Koordinasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
Ulfah, A. A., Jumiarni, D., & Yennita, Y. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 235–242. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.235-242

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Astuti, Theresia Inovia,. Irdam Idrus,.Yennita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning intuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol (2) 1 : 5-9. https://ejournal.unib.ac.id /index.php/jppb/article/view/5124/2694 . 24 Juli 2019.
  3. Cinti, Nichen Irma., dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi. Vol (2)1 : 56. (Online) . http259454-penerapan-model-pembelajaran-discovery-l-ddcb2a0c.pdf. 24 Juli 2019.
  4. Fitri, Mariza dan Derlina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Jurusan Fisika FMIPA 3(2): 94-95.
  5. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Kemendikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajawali Pers.
  8. Sani, Ridwan Abdullah dan Sudiran. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tsmart.
  9. Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
  10. Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  11. Suhada, Rihwan,. Irdam Idrus,. dan Kasrina. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol (3) 1 : 32-40. https://ejournal.unib.ac.id /index.php/jppb/article/view/7816 . 24 Juli 2019. 24 Juli 2019.
  12. Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  13. Suwarno, Wiji. 2014. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  14. Widiadnyana I W, dkk. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal. Pembelajaran IPA. Vol 3(2) : 45. (Online) . http://119.252.161254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344/1036. Diakses : 24 Juli 2019.