Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa di SMAN 2 Argamakmur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized control-group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil berpikir krtitis dan keterampilan sosial siswa  pada materi Tumbuhan (plantae) antara model pembelajaran Group Investigation (GI) dan pembelajaran konvensional. Hasil berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, nilai rata- rata berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen adalah 76,82 sedangkan pada kelas kontrol adalah 48,94. Sedangkan rata-rata keterampilan sosial siswa kelas eksperimen 120,83, dan nilai rata-rata keterampilan sosial kelas kontrol 101,84. Berdasarkan hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation (GI) pada kelas eksperimen secara signifikan berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa  dan keterampilan sosial siswa.

 

Article Details

Author Biography

Meti Herlina, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruaan dan Ilmu pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Nama: meti herlina Pangakat/gol: Penata Muda Tingkat I/ IIIb pekerjaan: Dosen Bidang Ilmu: Pendidikan Biologi Departemen: Universitas Muhammadiyah Bengkulu
How to Cite
Herlina, M., Rahayu, I. Y., & Wiksya, D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS X SMAN 2 ARGAMAKMUR. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 142–152. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.142-152

References

  1. Aslahah,H. Herawati,s. Prasetyo. 2014. Pengaruh Sterategi Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kota Malang. Artikel Universitas Negeri Malang.
  2. Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum Dan Pembelajaran.. Jakarta: Bumi aksara.
  4. Ninik,W.2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatuf Tipe Group Investigasi (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Di SMA Muhammadyah 4 Bengkulu. Skripsi Pendidikan Biologi Universitas muhammadyah Bengkulu.
  5. Nurhadi.Burhan,Y. Agus,S. 2004. Pembelajaran Kontekstual (contextual teacing and learning/CTL) Dan Penerapannyadalam KBK. Universitas Negeri Malang.
  6. Nur,A.Haryono. Masykuri. 2014. Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dilengkapi Media Peta Pikiran Pada Materi Pokok Kelarutan Untuk Meningkatkan Kerja Sama Dan Partisipasi Siswa Kelas X1 SMA Negeri Kabakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal pendidikan kimia (JPK), vol.3 No.2.
  7. Pramudyanti,c. 2012. Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Menggunkan Model Pembelajaran Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran IPS Kecamatan Klaten,Kabupaten Bantul. Skripsi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
  8. Rusman . 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru..Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  9. Sagala, S. 2008. Administrasi Pendidikan Kontenporer. Bandung Alfabeta.
  10. Sagala, S. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  11. Sahfrina.I.,Wachyu,S.Suratno.2015 .Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPA Biologi Untuk Materi Ajar Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas 8-C Semester Gangsal Di SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unej, 4 (2), 213-222.
  12. Sanjaya.W.2016. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  13. Sarimaya,F. 2009. Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPS Melalui Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia.
  14. Sumanik, M. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Mencapai Kopetensi Belajar Biologi Materi System Peredaran Darah Manusia Pada Siswa Kelas VII SMP St.Theresia Langgur-Maluku Tenggara. Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (2), 179-187.
  15. Wijayanti.W.,Herlambang.S.,Slamet. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Mediun. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Univesritas Negri Malang.
  16. Yuli,N. Budi,H. Purwito. 2013. Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Analis. Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.