Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Number Head Together (NHT) pada kelas yang berbeda SMPN 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kausal Komparatif. Design penelitian ini menggunakan design Nonequivalen Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang diambil 2 kelas yang ditetapkan secara acak (random sampling). Kelas pertama  dengan menggunakan pembelajaran STAD dan kelas kedua dengan  NHT. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen berupa soal kemampuan hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan Uji t (uji hipotesis). Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi siswa menggunakan model pembelajaran STAD (84,44) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model NHT (78,51).

Article Details

How to Cite
Murniati, N., Lestari, A. V., & Irwandi, I. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 132–141. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.132-141

References

  1. Arikunto, S., Suhardjono., dan Supardi, 2012 . Penelitian tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  2. Dimyati dan mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Pustaka Setia
  5. Ibis Fernandes,2008. Macromedia Flash Animation Dan Cartoonin.
  6. Kunandar,2008.Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang profesi Guru:PT Rajagrafindo Persada
  7. Robert E.Slavin 2008. Cooperative Learning : Penerbit Nusa Media.
  8. Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
  9. Trianto, 2010. Model Pembelajaran terpadu. Jakarta : PT Bumi aksara
  10. Tirtarahadja, Umar. 2008.
  11. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
  12. Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran berbasis Kontekstual.UMB
  13. Press. Bengkulu