Main Article Content

Abstract

Mahasiswa pascasarjana PG PAUD dalam profil lulusan prodi harus memiliki pengetahuan kognitif yang mumpuni ketika masuk ke dalam dunia kerja. Sehingga penelitian ini bertujuan mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa pasca sarjana dalam mata kuliah asesmen Anak Usia Dini dengan mengimplementasikan bahan ajar jenis student worksheet. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas selama 3 siklus, dengan langkah (a). Tahap Temuan dan Analisis Fakta, (b). Tahap Perencanaan, (c). Tahap Implementasi Tindakan, (d) Tahap Monitoring Implemetasi dan Efek, e) Tahap Penjelasan Kegagalan. Subjek penelitian adalah mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan persentase penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa meningkat secara signifikan dengan menggunakan student worksheet, selain itu mahasiswa memiliki pengalaman berharga, dan keterlibatan yang tinggi, sehingga pembelajaran bermakna dan hasil belajar tercapai dengan optimal. Penelitian ini merekomendasikan bahwa untuk mengoptimalkan hasil belajar, salah satu yang tepat digunakan adalah student worksheet yang dirancang sesuai dengan kompetensi dasar, dan mengandung berfikir tingkat tinggi (High order thinking).

Keywords

Student Workhsheet Hasil Belajar Mahasiswa Pascasarjana

Article Details

How to Cite
Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Implementasi Bahan Ajar Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Mahasiswa PAUD Pascasarjana. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.17-25

References

  1. Adang, S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Yayasan Kesuma Karya.
  2. Aditia, M. T., & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 127–148.
  3. Amin, A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI ASPEK AKHLAQ BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEMOKRATIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 12 KOTA BENGKULU. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.1161/.V5I3.755
  4. Amin, A., & Alimni, A. (2019). Development of Religion Materials Based on Synectic Approach to Junior High School Students. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 1. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1916
  5. Amri, A., & Tharihk, A. J. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 103–112.
  6. Arimbi, Y. D., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). 71 MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MIND MAPPING. In Jurnal Ilmiah Potensia.
  7. Ashri, N., & Hasanah, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tema Udara. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015).
  8. Hamdani, H. (2017). DESKRIPSI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA CALON GURU FISIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(1), 43. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i1.18423
  9. Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
  10. Khosi’in, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Lingkungan Pada Materi Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak, Sebagai Implementasi QS. Ar-Rum Ayat 41 di Prodi IPA Fakultas Tarbiyah Dan Tadris IAIN Bengkulu. IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education, 1(1), 90–99. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1739
  11. Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penggolongan Hewan di Kelas IV SD Seluma. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708
  12. Musmuliadi. (2012). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.
  13. Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.
  14. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif :Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. In Diva Press.
  15. Purwanto, W., W, E. T. D. R. W., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan., 1(9), 1700.
  16. Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1), 13–23.
  17. Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
  18. Shofiyah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Fluida. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 19. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.836
  19. Spodek, B., & Saracho, O. N. (2014). Handbook of research on the education of young children. Routledge.
  20. Widiyaningtyas, T., & Widiatmoko, A. (2014). Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Teknologi, 21, 47–51.
  21. Ws., W. (2004). Psikologi Pengajaran (Teaching Psychology). Grasindo.