Main Article Content
Abstract
Pelatihan ini merupakan salah satu implementasi dari penelitian yang telah dilaksanakan berkaitan dengan pengembangan konsep diri bagi remaja dan pelibatan keluarga secara intensif dalam membangun karakter positif bagi remaja. Teori yang digunakan dalam program ini adalah teori konsep diri, konsep pelatihan dan teori pembelajaran pedagogi dan andragogi. Untuk metode pelaksanaan dalam pengabdian ini adalah pelatihan yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mekarsari, Padalarang. Peserta yang dilibatkan dalam pelatihan ini adalah sebanyak 60 orang yang terdiri dari warga belajar program kesetaraan, Paket B dan C. Hasil dari pelatihan ini ditemukan bahwa warga belajar mampu memahami potensi dan minat dirinya secara positif dengan memahami perannya di tengah keluarga dan masyarakat. Peserta juga mampu menunjukkan adanya perubahan pendekatan komunikasi yang dilakukan dengan keluarganya masing-masing. Kesimpulan dari pelatihan ini ditemukan bahwa peran keluarga sangat penting untuk membangun kesadaran konsep diri bagi remaja. Selain itu, penggunaan bahasa positif akan membangun karakter yang baik bagi remaja dalam menghadapi tugas perkembangan yang tengah dihadapinya.
Keywords
Article Details
Copyright @2022. This is an open-access article distributed under JACOM Journal