Edisi terbaru Jurnal Journal of Community Empowerment Volume 2 No 2 Tahun 2024 yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu terbit  pada tanggal 20 Oktober 2024 menghadirkan berbagai artikel yang berfokus pada pengabdian kepada masyarakat. Penulis berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti, IKIP Siliwangi, Universitas Bengkulu, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Negeri Jakarta. Tidak hanya itu praktisi pendidikan dari Satuan Pendidikan Nonformal -SKB Kabupaten Bengkulu Tengah ikut andil dalam pengembangan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat. Artikel-artikel ini mencerminkan inovasi dan kolaborasi dalam mendukung pengembangan kapasitas masyarakat di berbagai bidang. Beberapa artikel menyoroti pentingnya pendidikan berbasis keluarga, seperti Pelatihan Pengembangan Konsep Diri bagi Remaja di Lingkungan Keluarga dan Pendampingan Keluarga dalam Program Parenting Education Terintegrasi Literasi Perubahan Iklim Berbasis "Bantal Guling Bercerita" di SPNF-SKB Kota Bengkulu untuk Masyarakat Pesisir Desa Kuala Lempuing.

Edisi ini juga menampilkan upaya meningkatkan kompetensi guru melalui teknologi dan pendekatan pembelajaran modern, seperti Pelatihan Penyusunan Presentasi Materi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dan TPACK bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang dan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Pengembangan Media Pembelajaran pada Dewan Guru Bahasa Indonesia di Lintang Empat Lawang.

Di bidang budaya dan literasi, beberapa artikel menggambarkan pentingnya pelestarian budaya dan penguatan keterampilan masyarakat, seperti Pelatihan Keterampilan Pembuatan Batik Jumputan dalam Upaya Pelestarian Budaya bagi Masyarakat Desa Tanjung Atap Kabupaten Ogan Ilir serta Literasi Keuangan sebagai Perencanaan Keuangan Hari Tua pada Masyarakat di Desa Bulak.

Artikel lainnya mengangkat isu pendidikan seksualitas dan pengembangan instrumen literasi numerasi, seperti Penyuluhan Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini dan Pendampingan Guru Matematika SMPN 6 Kota Bengkulu dalam Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis HOTS Berbantuan Aplikasi Quizizz.

Beragamnya topik dalam edisi ini mencerminkan komitmen Program Studi Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu dalam memajukan pendidikan dan memberdayakan masyarakat melalui pendekatan berbasis kebutuhan lokal dan inovasi pembelajaran

Published: October 30, 2024

Pelatihan Pengembangan Konsep Diri Bagi Remaja di Lingkungan Keluarga

Dinno Mulyono (1), Ririn Hunafa (2), Lenny Nuraeni (3)
(1) Pendidikan Masyarakat, IKIP Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat ,
(2) Pendidikan Masyarakat, IKIP Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat ,
(3) Pendidikan Masyarakat, IKIP Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat
78-90
138

Blog sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru di Tingkat Sekolah Dasar

Lia Haryana (1), Adelia Puspa (2), Dwi Bayu Saputra (3)
(1) S1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(2) S1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(3) S1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Bengkulu
91-99
63

SINERGI GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI ECOPRINT PAUD

Dina Dayanti (1)
(1) SPNF-SKB Bengkulu Tengah
100-107
113

LITERASI KEUANGAN SEBAGAI PERENCANAN KEUANGAN HARI TUA PADA MASYARAKAT DI DESA BULAK

Intan Purnama Dewi (1), Daddy Darmawan (2), Puji Hadiyanti (3), Setiawan Wibowo (4)
(1) Pendidikan Masyarakat, FIP, Universitas Negeri Jakarta ,
(2) Pendidikan Masyarakat, FIP, Universitas Negeri Jakarta ,
(3) Pendidikan Masyarakat, FIP, Universitas Negeri Jakarta ,
(4) Pendidikan Masyarakat, FIP, Universitas Negeri Jakarta
108-119
111

PENDAMPINGAN KELUARGA DALAM PROGRAM PARENTING EDUCATION TERINTEGRASI LITERASI PERUBAHAN IKLIM BERBASIS "BANTAL GULING BERCERITA" DI SPNF-SKB KOTA BENGKULU UNTUK MASYARAKAT PESISIR DESA KUALA LEMPUING

Ari Putra (1), Dwi Ismawati (2), Mutiara Velisha (3), Putri Ramadhani Dewi (4), Ela Ananda Pamungkas (5)
(1) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(2) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(3) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(4) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(5) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu
120-134
162

Pelatihan Penyusunan Presentasi Materi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dan TPACK bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang

Noermanzah Noermanzah (1), Nafri Yanti (2)
(1) Universitas Bengkulu ,
(2) Universitas Bengkulu
136-145
84

PELATIHAN KETERAMPILAN PEMBUATAN BATIK JUMPUTAN DALAM UPAYA PELESTARIAN BUDAYA BAGI MASYARAKAT DESA TANJUNG ATAP KABUPATEN OGAN ILIR

Shomedran Shomedran (1), Mega Nurrizalia (2), Ardi Saputra (3), Maryani Maryani (4)
(1) Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Sriwijaya ,
(2) Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Sriwijaya ,
(3) Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Sriwijaya ,
(4) Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Sriwijaya
146-155
128

Penyuluhan Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan seksualitas Anak Usia Dini

Sofino Sofino (1), Ririn Gusti (2), Bayu Pradikto (3), Lenni Mantili Hutauruk (4)
(1) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(2) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(3) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(4) Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Bengkulu
156-168
132

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Pengembangan Media Pembelajaran pada Dewan Guru Bahasa Indonesia di Lintang Empat Lawang

Nafri Yanti (1), Noermanzah Noermanzah (2), Rio Kurniawan (3)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu
169-177
158

PENDAMPINGAN GURU MATEMATIKA SMPN 6 KOTA BENGKULU DALAM PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI NUMERASI BERBASIS HOTS BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ

Elwan Stiadi (1), Della Maulidiya (2)
(1) S1 Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu ,
(2) S1 Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu
178-188
70