Main Article Content
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu pendekatan yang menekankan pada pengakuan akan keunikan setiap anak dalam aspek kemampuan, minat, dan gaya belajar. Tujuan kegiatan praktik baik ini untuk mengkaji praktik sinergi antara guru dan orang tua dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi dengan tema ecoprint pada anak usia dini dengan memanfaatkan bahan-bahan alam seperti daun dan bunga untuk mencetak pola di kain. Kegiatan praktik baik ini dilaksanakan di PAUD SPNF-SKB Bengkulu Tengah. Berdasarkan hasil pelaksanaan praktik baik ini menunjukkan bahwa sinergi antara guru dan orang tua memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi. Guru berperan sebagai fasilitator yang merancang kegiatan pembelajaran, sedangkan orang tua memberikan materi berkaitan dengan pembuatan ecoprint. Keterlibatan orang tua dalam kegiatan ecoprint juga memberikan dampak positif terhadap kesadaran anak akan manfaat lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, kolaborasi yang erat dan komunikatif antara pihak sekolah dan orang tua dapat meningkatkan hasil belajar anak dan mendukung perkembangan anak secara holistik.
Keywords
Article Details
Copyright @2022. This is an open-access article distributed under Journal of Community Empowerment