Main Article Content
Abstract
Guru bahasa Indonesia tingkat SMP di Kabupaten Empat Lawang masih banyak yang belum memahami dan belum terampil dalam menyusun presentasi materi pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) dan TPACK sehingga diperlukan pelatihan yang intensif. Untuk itu, tujuan dari tulisan ini akan mendeskripsikan hasil dari pelatihan penyusunan presentasi materi pembelajaran berbasis PjBL dan TPACK bagi guru bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang. Pelatihan ini dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, praktik, dan pendampingan. Tahapan pelaksanaan pengabdian yaitu mulai dari penyampaian materi oleh para narasumber, kegiatan diskusi, kegiatan praktik membuat presentasi materi pembelajaran, pendampingan pembuatan presentasi, penyampaian hasil pembuatan presentasi oleh para peserta, dan pemberian rekomendasi. Hasil dari pelatihan penyusunan presentasi materi pembelajaran berbasis PjBL dan TPACK bagi guru bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang yaitu memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru bahasa Indonesia tentang penyusunan presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis TPACK, mampu membuat presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan Powerpoint, mampu membuat presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan Canvas, mampu menyusun presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis PjBL, dan mampu membuat presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan Gamma AI.
Keywords
Article Details
Copyright @2022. This is an open-access article distributed under JACOM Journal