Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian berjudul "Pendampingan Guru Matematika SMPN 6 Kota Bengkulu dalam Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis HOTS Berbantuan Aplikasi Quizizz" bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun dan mengimplementasikan instrumen tes berbasis literasi numerasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan bantuan teknologi digital. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka pada 17 September 2024, diikuti oleh 40 guru matematika. Pelatihan mencakup penyampaian materi tentang literasi numerasi berbasis HOTS, prinsip-prinsip penyusunan soal, dan penggunaan aplikasi Quizizz, serta diikuti dengan praktik langsung pembuatan soal. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan demonstrasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 75% peserta mampu menyelesaikan tugas pembuatan instrumen tes literasi numerasi berbasis HOTS dalam waktu dua minggu setelah pelatihan. Kendala utama yang dihadapi peserta adalah keterbatasan waktu akibat tugas rutin di sekolah, namun hal ini dapat diatasi melalui pendampingan intensif oleh tim pengabdi. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kompetensi guru, terutama dalam penguasaan teknologi pendidikan, serta diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran matematika yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21.
Keywords
Article Details
Copyright @2022. This is an open-access article distributed under JACOM Journal