Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik Kelas X di SMA. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan tahapan penelitian meliputi: 1) menelaah Kurikulum, 2) menelaah kompetensi dasar, 3) telaah materi pembelajaran, 4) merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran, 5) menentukan model dan metode pembelajaran, 6) menentukan media pembelajaran, 7) penyusunan perangkat pembelajaran. Data dianalisis secara deskriftip kualitatif yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi perangkat yang dirancang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan berpedoman pada Kompetensi Dasar domain pengetahuan (KD 3.10) pada materi pencemaran lingkungan serta digunakan untuk meningkatkan kemampuan literai sains peserta didik kelas X (sepuluh). Penelitian ini menghasilkan tiga produk perangkat pembelajaran, yaitu Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dan Soal Evaluasi (Pretest dan Posttest) berbasis literasi sains. Penelitian ini masih perlu dikembang kan, khususnya dalam menguji ketiga perangkat pembelajaranyang telah dirancang.
Article Details
Copyright (c) 2023 Wahyu Putri Siregar, Sri Irawati, Dewi Jumiarni, Ahmad Saddam Husein, Irwandi Ansori, Syarif Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Abidin, Zainul. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1 (1):12-13.
- Adawiyah, R. & Wisudawati, A.W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains: Menilai Pemahaman Fenomena Imiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Techology Studies, 5 (2):113. doi: 10.15294/ijcets.v3i1.8675.
- Alam, D.P, Utari, S. & Karim, S. (2015). Rekonstruksi Rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sains Melalui Analisis Kesulitan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII Pada Topik Gerak Lurus. Prosiding. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Universitas Pendidikan Indonesia
- Bybee, R., Crae, B.M & Laurie, R. (2009). Pisa 2006: An Assessment Of Scientific Literacy. Journal of Research in Science. 46 (8): 856-833. doi:10.1002/tea.20333.
- Gormally, C., Brickman, P., Armstrong, N. 2009. Effect Of Inquiry-Based Learning on Stdent Science Literacy Sill and Confidence. International Journal for the Scholarship of Learning and Teaching. 3(2):1-22. doi:10.20429/ijsotl.2009.030216
- Maturradiyah, N., Rusilowati, A. (2015). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XII di Kabupaten Pati Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Unnes Physic Education Journal. 4(1):5. doi: 10.15294/upej.v4i1.4731.
- Miles, M.B. & Huberman. A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
- Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
- Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center
- OECD. (2018). Survey International Programme for International Student Assesment (PISA). Paris: OECD.
- Permanasari, A., Mudzakir, A., & Mahiyudin. (2010). “The Influence of Social Issue-Based Chemistry Teaching in Acid Base Topic on High School Student’s Scientific Literacy”, Seminar Proceding of the First International Seminar of Science Education, Science Education Program Graduate School, Indonesia University of Education (UPI)
- Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No. 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
- Permendiknas. (2007). Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Puspitasari, Arianti Dina. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurna Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (2):1
- Rusilowati, A, Kurniawati, L, Nugroho,S.E, & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assesment on the Cycle Theme. International Journal of Enviromental and Science Education, 11(2):5718-5727.
- Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan Terj. Tri Wibowo B.S. Jakarta :Kencan
- Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
- Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. (2007). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Redaksi Sinar Grafika
- Yulianti,T.E., & Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan Muatan Literasi Sains di Kabupaten Tegal. Unnes Physic Education Journal, 3(2):68-72. doi: 10.15294/upej.v3i2.3597
- Zulkarnaen, Imam.,Pamaot Raharjo, Hermawan Dan Sutarto. (2016). Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani Dan Bimbingan Konseling, Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
References
Abidin, Zainul. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1 (1):12-13.
Adawiyah, R. & Wisudawati, A.W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains: Menilai Pemahaman Fenomena Imiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Techology Studies, 5 (2):113. doi: 10.15294/ijcets.v3i1.8675.
Alam, D.P, Utari, S. & Karim, S. (2015). Rekonstruksi Rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sains Melalui Analisis Kesulitan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII Pada Topik Gerak Lurus. Prosiding. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Universitas Pendidikan Indonesia
Bybee, R., Crae, B.M & Laurie, R. (2009). Pisa 2006: An Assessment Of Scientific Literacy. Journal of Research in Science. 46 (8): 856-833. doi:10.1002/tea.20333.
Gormally, C., Brickman, P., Armstrong, N. 2009. Effect Of Inquiry-Based Learning on Stdent Science Literacy Sill and Confidence. International Journal for the Scholarship of Learning and Teaching. 3(2):1-22. doi:10.20429/ijsotl.2009.030216
Maturradiyah, N., Rusilowati, A. (2015). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XII di Kabupaten Pati Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Unnes Physic Education Journal. 4(1):5. doi: 10.15294/upej.v4i1.4731.
Miles, M.B. & Huberman. A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center
OECD. (2018). Survey International Programme for International Student Assesment (PISA). Paris: OECD.
Permanasari, A., Mudzakir, A., & Mahiyudin. (2010). “The Influence of Social Issue-Based Chemistry Teaching in Acid Base Topic on High School Student’s Scientific Literacy”, Seminar Proceding of the First International Seminar of Science Education, Science Education Program Graduate School, Indonesia University of Education (UPI)
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No. 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Permendiknas. (2007). Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Puspitasari, Arianti Dina. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurna Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (2):1
Rusilowati, A, Kurniawati, L, Nugroho,S.E, & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assesment on the Cycle Theme. International Journal of Enviromental and Science Education, 11(2):5718-5727.
Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan Terj. Tri Wibowo B.S. Jakarta :Kencan
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. (2007). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Redaksi Sinar Grafika
Yulianti,T.E., & Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan Muatan Literasi Sains di Kabupaten Tegal. Unnes Physic Education Journal, 3(2):68-72. doi: 10.15294/upej.v3i2.3597
Zulkarnaen, Imam.,Pamaot Raharjo, Hermawan Dan Sutarto. (2016). Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani Dan Bimbingan Konseling, Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.