Published: December 5, 2023

Analisis Kualitas Soal Sumatif Biologi SMA

Yusnaeni (1), Fransiska S. Herin Samon (2), Mario J. Santrum (3), Sudirman (4)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang ,
(4) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang
65-72
381

Effect Size Tinggi: Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan

Subaihatul Jamilah (1), Linda Tri Antika (2), Moch. Haikal (3)
(1) Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura ,
(2) Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura ,
(3) Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura
73-81
372

Pengembangan Suplemen Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berdasarkan Jumlah Mikroalga di Sungai Kampai Seluma

Lolita Sri Anggrini (1), Dewi Jumiarni (2), Irdam Idrus (3), Kasrina (4), Abdul Rahman (5), Abas (6)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
9-20
522

Pengembangan Lesson Plan Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Pembelahan Sel di Tingkat MA/SMA

Achmad Ali Fikri (1), Vena Famelia (2)
(1) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus ,
(2) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus
56-64
1395

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA PGRI Gelekat Lewo Boru

Martinus Boruk (1), Maimunah H. Daud (2), Yuliana Yenita Mete (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores
124-130
167

Pemetaan Sistematis Topik Nature of Science Berdasarkan Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSViewer

Evi Kurniawati (1), Afandi (2), Eko Sri Wahyuni (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat
38-48
203

Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi

Firman (1), Syamsiara Nur (2), Moh. Aldi SL.Taim (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat
82-89
713

Learning Cycle 7E: Efektivitasnya dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan

Yennita (1), Fitri Astriawati (2), Dewi Jumiarni (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
124-132
243

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Urgensi Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis

Lidya Husnita (1), Wulandari Saputri (2)
(1) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang
21-29
344

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Luring Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Soe

Sarcy Welmince Anthoneta Baknenok (1), Angreni Beaktris Liunokas (2), Nonci Melinda Uki (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Soe ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Pendidikan Soe ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Soe
117-123
117

Pembelajaran Plantae Melalui Pembelajaran Reading, Questioning, Answering (RQA) dan Reading, Mapping, Sharing (RMS)

Rizhal Hendi Ristanto (1), Nadia ‘Aafiyah Wahyuasih (2), Erna Heryanti (3)
(1) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta ,
(2) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta ,
(3) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
98-116
226

Rancangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains

Wahyu Putri Siregar (1), Sri irawati (2), Dewi Jumiarni (3), Ahmad Saddam Husein (4), Irwandi Ansori (5), Syarif Hidayat (6)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
1-8
417

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekologi

Iwan Ridwan Yusuf (1), Shahnaz Salsabila (2)
(1) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
49-55
388

Pengaruh Media Mencari Kata Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP Telkom Makassar

Studi pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan

Arfeni Puspita Dewi Feni (1), Muh.Tawil (2), Sitti Rahma Yunus (3)
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar ,
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar ,
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
90-97
221

Analisis Persepsi dan Pemahaman Siswa terhadap Pembelajaran Daring dan Tatap Muka

Yetty Hastiana (1), Astrid Sri Wahyuni Sumah (2), Rasyid Oki Pramono (3)
(1) Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang ,
(2) Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang ,
(3) Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang
30-37
115