Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap Platform pembelajaran daring dan tatap muka serta menganalisis pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran biologi antara yang menggunakan Platform pembelajaran daring dan tatap muka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data yang terdiri dari teknik wawancara, observasi, kuisioner, tes serta dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji triangulasi data dan kemudian dilakukan proses reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan, bahwa Platform pembelajaran daring menuntut siswa dan guru untuk menggunakan teknologi tetapi masih terdapat kendala seperti interaksi yang terbatas begitupun pembelajaran tatap muka yang sudah lebih baik dalam mengatasi permasalahan karena pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya guru dan untuk hasil belajar selama pembelajaran daring nilai siswa yang di atas KKM berkisar 33% sedangkan pembelajaran tatap muka mengalami peningkatan berkisar 75% yang di atas KKM .

Article Details

How to Cite
Yetty Hastiana, Astrid Sri Wahyuni Sumah, & Rasyid Oki Pramono. (2023). Analisis Persepsi dan Pemahaman Siswa terhadap Pembelajaran Daring dan Tatap Muka. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 30–37. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.30-37