Main Article Content
Abstract
Nature of science merupakan model pembelajaran yang berlandaskan pada pemahaman konstruktivisme dengan pendekatan inkuiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemetaan sistematis jurnal internasional terkait topik nature of science berdasarkan analisis bibliometrik menggunakan VOSViewer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam mengumpulkan data, digunakan aplikasi Publish or Perish dengan keywords berupa background readings, case study discussions, inquiry lessons, inquiry labs, historical studies, dan multiple assessments. Pengolahan dan analisis data menggunakan aplikasi mendeley dan VOSViewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 777 artikel jurnal internasional yang dipublikasi, jumlah publikasi tertinggi terjadi pada tahun 2020 sebesar 108 artikel jurnal yaitu sebesar 13,90%. Jurnal yang paling banyak mempublikasi artikel adalah Science and Education. Peneliti yang paling produktif mempublikasikan sebanyak 14 artikel. Sitasi terbanyak pada sebuah artikel adalah sebesar 731 sitasi. Pemetaan visualisasi jaringan terbagi menjadi 2 clusters, dimana case study discussions menjadi topik yang sering dikutip pada tahun 2014-2018. Topik selanjutnya yang paling banyak dikutip adalah historical studies, inquiry lessons, inquiry labs, multiple assessments, nature of science, background readings.
Article Details
Copyright (c) 2023 Evi Kurniawati, Afandi, Eko Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms