Main Article Content

Abstract

Pendidikan yang sesuai dengan perkebangan perlu adanya perubahan dan inovasi salah satunya perubahan kurikulum menjasi kurikulum 2013.  Pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman terhadap pengetahuan dan teknologi, model pembelajaran perlu dikembangkan. Perkembangan zaman pada pendidikan peserta didik sudah perlu untuk melatih berpikir secara kritis.  Namun, saat dilapangan peserta didik masih kurang melatih kemampuan berpikir kritis. Dilaksanakan penelitian ini diharapkan peserta didik mampu melatih kemampuan berpikir kritis dengan bantuan model Pembelajaran Prolem Based Learning terhadap materi ekologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimental menggunakan one group pretest-posttest design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based learning sebesar 56,07 dan nilai rata-rata posttest sebesar 70,71. Dari perhitunga Effect Size, dimana nilai Effect Size antara pretest dengan posttest yaitu 0,557 dengan kategori sedang, artinya terdapat efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa materi Ekologi. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas VII-A di SMP Percontohan Laboratorium UPI Cibiru.

Article Details

How to Cite
Ridwan Yusuf, I., & Salsabila, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 49–55. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.49-55