Main Article Content
Abstract
Pendidikan yang sesuai dengan perkebangan perlu adanya perubahan dan inovasi salah satunya perubahan kurikulum menjasi kurikulum 2013. Pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman terhadap pengetahuan dan teknologi, model pembelajaran perlu dikembangkan. Perkembangan zaman pada pendidikan peserta didik sudah perlu untuk melatih berpikir secara kritis. Namun, saat dilapangan peserta didik masih kurang melatih kemampuan berpikir kritis. Dilaksanakan penelitian ini diharapkan peserta didik mampu melatih kemampuan berpikir kritis dengan bantuan model Pembelajaran Prolem Based Learning terhadap materi ekologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimental menggunakan one group pretest-posttest design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based learning sebesar 56,07 dan nilai rata-rata posttest sebesar 70,71. Dari perhitunga Effect Size, dimana nilai Effect Size antara pretest dengan posttest yaitu 0,557 dengan kategori sedang, artinya terdapat efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa materi Ekologi. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas VII-A di SMP Percontohan Laboratorium UPI Cibiru.
Article Details
Copyright (c) 2023 Iwan Ridwan Yusuf, Shahnaz Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms