Main Article Content

Abstract

Pandemi covid-19 memberi dampak yang signifikan pada sektor pendidikan sehingga mengharuskan pembelajaran dilakukan secara luring dan daring begitupun sistem pembelajaran yang dilakuakn oleh SMP Negeri 3 Soe menjadikan sistem pembelajaran di masa pandemi dengan melakukan pembelajaran secara luring. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran biologi secara luring selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Soe. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling pada guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soe yang terdiri dari 29 orang partisipan diantaranya 28 orang siswa dan 1 orang guru ipa biologi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, selanjutnya setelah fokus penelitian menjadi jelas, maka dikembangkan instrumen penelitian sederhana, yang diharapkan dapat melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan melalui lembar angket, lembar wawancara terstruktur. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah lembar angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Hurberman melalui 3 tahap yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi secara luring selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Soe kelas VII, melakukan proses belajar mengajar dimana guru memberikan bahan ajar dan LKS kepada siswa-siswi untuk dikerjakan dirumah guna memenuhi kebutuhan belajar siswa selama masa pandemi, pelaksanaan pembelajaran biologi secara luring selama masa pandemi covid-19 dikatakan efektif karena dengan adanya pembelajaran secara luring dapat membantu guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Sarcy Welmince Anthoneta Baknenok, Angreni Beaktris Liunokas, & Nonci Melinda Uki. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Luring Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Soe. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 117–123. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.117-123