Isi Artikel Utama
Abstrak
Analisis soal ujian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas soal buatan guru dalam kaitannya dengan tuntutan assessmen yang harapkan dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran biologi di SMA. Sampel soal diambil di Kelas X, XI dan XII pada Tahun Ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 SMA Negeri 1 Adonara Timur NTT. Instrumen pengumpul data berupa lembar wawancara dan lembar validasi instrument tes. Data berupa hasil analisis instrumen kualitatif dan kuantitatif instrument tes mencakup validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran item, daya pembeda, efektivitas pengecoh dan persentase soal HOTS. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal UAS ganjil tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 Kelas X, XI dan XII secara kualitatif dari segi materi, konstruksi, dan bahasa dikategorikan dalam kriteria baik, sedangkan secara kuantitas menunjukkan hasil yang beragam pada soal di TA 2019/2020 dan 2020/2021 baik dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh dan persentase soal HOTS. Secara umum distribusi hasil analisis kuantitatif belum mengacu pada kelayakan instrument yang dianjurkan dalam assessment penilaian peserta didik dan masih perlu dilakukan revisi. Sedangkan persentase soal HOTS pada UAS ganjil mata pelajaran biologi SMA Negeri 1 Adonara Timur belum dikategorikan baik karena soal yang berada pada level kognitif C4 sampai dengan C6 kurang dari 35%.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Yusnaeni, Fransiska S. Herin Samon, Mario J. Santrum, Sudirman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms