Main Article Content

Abstract

Keterampilan kolaborasi adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan pada pembelajaran Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan  kuantitatif,  desain  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini yaitu non eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 67 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Data hasil penelitian dikumpulkan dalam bentuk lembar observasi keterampilan kolaborasi peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa SMA Negeri 1 Wonomulyo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 53,7% dan 46% berada pada kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan kolaborasi kelas XI MIPA 1 dan 2 SMA Negeri 1 Wonomulyo termasuk kategori sangat baik.

Article Details

How to Cite
Firman, Syamsiara Nur, & Moh. Aldi SL.Taim. (2023). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89