Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan informasi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar menggunakan media permainan mencari kata, (2) mendapatkan informasi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar tanpa menggunakan permainan mencari kata. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design. Dengan desain penelitian intect-group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Telkom Makassar sebanyak 5 kelas berjumlah 141 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 orang dan kelas VII E sebagai kelas kontrol berjumlah 12 orang dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda melalui google form yang sudah divalidasi sebelumnya. Analisis kevalidan menerapkan analisis gregory. Hasil penelitian ditemukan: (1) rata-rata hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar menggunakan media permainan mencari kata berada pada kategori rendah, (2) rata-rata hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar tanpa menggunakan media permainan mencari kata berada pada kategori sangat rendah.
Article Details
Copyright (c) 2023 Arfeni Puspita Dewi, Muh.Tawil, Sitti Rahma Yunus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms