Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan informasi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar menggunakan media permainan mencari kata, (2) mendapatkan informasi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar tanpa menggunakan permainan mencari kata. Penelitian ini merupakan penelitian ­pre-experimental design. Dengan desain penelitian intect-group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Telkom Makassar sebanyak 5 kelas berjumlah 141 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 orang dan kelas VII E sebagai kelas kontrol berjumlah 12 orang dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda melalui google form yang sudah divalidasi sebelumnya. Analisis kevalidan menerapkan analisis gregory. Hasil penelitian ditemukan: (1) rata-rata hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar menggunakan media permainan mencari kata berada pada kategori rendah, (2) rata-rata hasil belajar IPA peserta didik kelas VII yang diajar tanpa menggunakan media permainan mencari kata berada pada kategori sangat rendah.

Article Details

How to Cite
Feni, A., Muh.Tawil, & Sitti Rahma Yunus. (2023). Pengaruh Media Mencari Kata Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP Telkom Makassar: Studi pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 90–97. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.90-97