Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK
Martinus Sinu Boruk: Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA PGRI Gelekat Lewo Boru Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Ende: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores, 2022.
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berbasis kontekstual terhadap hasil belajar materi sistem gerak pada manusia, siswa kelas XI MIA SMA PGRI Gelekat Lewo Boru tahun pelajaran 2022/2023.


Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan  desain penelitiannya yaitu one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa  kelas XI MIA SMA PGRI Gelekat Lewo Boru yang berjumlah 21 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes awal dan tes akhir. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai pemahaman menggunakan alat peraga berbasis kontekstual. Analisis data menggunakan paired sample t-test.


Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunanaan alat peraga berbasis kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar sisiwa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai pada ranah kognitif sebesar 79,29%, ranah afektif sebesar  85,80% dan pada ranah psikomotorik sebesar 86,90%. Uji hipotesis menunjukan bahwa nilai  Sig. (2 tailed) 0,000 < 0.05 disimpulkan HI diterima dan H0 ditolak.


Kata Kunci: Alat Peraga Berbasis Kontekstual, Hasil Belajar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Boruk, M., Maimunah H. Daud, & Yuliana Yenita Mete. (2023). hallo Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA PGRI Gelekat Lewo Boru. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 124–130. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.124-130