Isi Artikel Utama
Abstrak
Martinus Sinu Boruk: Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA PGRI Gelekat Lewo Boru Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Ende: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berbasis kontekstual terhadap hasil belajar materi sistem gerak pada manusia, siswa kelas XI MIA SMA PGRI Gelekat Lewo Boru tahun pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain penelitiannya yaitu one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA SMA PGRI Gelekat Lewo Boru yang berjumlah 21 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes awal dan tes akhir. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai pemahaman menggunakan alat peraga berbasis kontekstual. Analisis data menggunakan paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunanaan alat peraga berbasis kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar sisiwa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai pada ranah kognitif sebesar 79,29%, ranah afektif sebesar 85,80% dan pada ranah psikomotorik sebesar 86,90%. Uji hipotesis menunjukan bahwa nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0.05 disimpulkan HI diterima dan H0 ditolak.
Kata Kunci: Alat Peraga Berbasis Kontekstual, Hasil Belajar
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Martinus Sinu Boruk, Maimunah H. Daud, Yuliana Yenita Mete

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms