Main Article Content
Abstract
Salah satu keterampilan dalam framework 4C adalah communication (keterampilan komunikasi). Riset menunjukkan bahwa salah satu keahlian umum yang secara konsisten disorot oleh pengusaha, akademisi, pemberi kerja, dan profesional dari peserta didik atau seorang lulusan adalah keterampilan komunikasi, terutama komunikasi lisan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh inkuiri terbimbing terhadap keterampilan komunikasi lisan beserta effect sizenya. Penelitian kuantitatif ini menggunakan rancangan quasi experiment. Penelitian ini dilakukan di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan Madura pada semester Genap tahun ajaran 2022/2023. Siswa kelas X-G dengan jumlah 32 (kelas eksperimen) dan siswa X-H dengan jumlah 33 siswa (kelas kontrol) menjadi subyek dalam penelitian ini. Data keterampilan komunikasi lisan didapatkan dari hasil skor keterampilan komunikasi lisan, dimana penskoran dilakukan pada setiap pertemuan pembelajaran menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-T tidak berpasangan dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini mengungkap keterampilan komunikasi lisan siswa kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dari siswa kelas kontrol. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan komunikasi lisan siswa dengan effect size kategori tinggi. Hasil ini menguatkan bahwa inkuiri terbimbing dapat menjadi model pembelajaran yang direkomendasikan dalam rangka pemberdayaan keterampilan-keterampilan yang penting dalam abad 21.
Article Details
Copyright (c) 2023 Subaihatul Jamilah, Linda Tri Antika, Moch. Haikal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms