Main Article Content

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher-Order Thinking Skills (HOTS) penting dikuasai mahasiswa untuk menghadapi berbagai tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran learning cycle 7E dalam meningkatkan HOTS mahasiswa pada materi anatomi tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan rancangan one-group pre-test and post-test design dengan jumlah sampel sebanyak 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test essay, sementara analisis data menggunakan uji paired sample t-test and Cohen’s d formula. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh signifikan [t(31) = 33.66, p < 0.001] terhadap peningkatan HOTS mahasiswa dengan kategori tinggi (d = 3,81). Oleh sebab itu, model learning cycle 7E efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) mahasiswa pada materi anatomi tumbuhan.

Article Details

How to Cite
Yennita, Fitri Astriawati, & Dewi Jumiarni. (2023). Learning Cycle 7E: Efektivitasnya dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 124–132. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.124-132