Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode quasy eksperimen dengan desain two group pretest-posttest di salah satu SMP Negeri di Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 64 orang siswa, kelas VIII-7 adalah kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII-8 adalah kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif siswa, dan angket untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Nilai rata-rata Pre-test dan Post-test kemampuan kognitif pada kelas eksperimen adalah masing-masing 24,84 dan 87,81, sedangkan rata-rata Pre-test dan Post-test kemampuan kognitif pada kelas kontrol adalah 24,79 dan 62,19. Nilai rata-rata Prequestionnaire dan Postquestionnaire sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen adalah masing- masing 43,50 dan 65,12, sedangkan Prequestion-naire dan Postquestionnaire sikap ilmiah siswa pada kelas kontrol adalah 43,37 dan 49,28. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample t-test untuk kemampuan kognitif dan uji Mann- Whitney untuk sikap ilmiah siswa. Berdasarkan uji hipotesis, nilai signifikan (2-tailed) Post-test kemampuan kognitif dan sikap ilmiah kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,000 < 0,05. Maka dapat diketahui bahwa penerapan model Probem Based Learning pada materi sistem pernapasan terbukti berpengaruh terhadap kemampuan kognitif.

Article Details

How to Cite
Aprilia, D., Djulia, E., & Indah Nausati G. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SMPN 36 Medan pada Materi Sistem Pernapasan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 162–173. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.2.162-173