Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan metode quasy eksperimen dengan desain two group pretest-posttest di salah satu SMP Negeri di Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 64 orang siswa, kelas VIII-7 adalah kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII-8 adalah kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif siswa, dan angket untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Nilai rata-rata Pre-test dan Post-test kemampuan kognitif pada kelas eksperimen adalah masing-masing 24,84 dan 87,81, sedangkan rata-rata Pre-test dan Post-test kemampuan kognitif pada kelas kontrol adalah 24,79 dan 62,19. Nilai rata-rata Prequestionnaire dan Postquestionnaire sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen adalah masing- masing 43,50 dan 65,12, sedangkan Prequestion-naire dan Postquestionnaire sikap ilmiah siswa pada kelas kontrol adalah 43,37 dan 49,28. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample t-test untuk kemampuan kognitif dan uji Mann- Whitney untuk sikap ilmiah siswa. Berdasarkan uji hipotesis, nilai signifikan (2-tailed) Post-test kemampuan kognitif dan sikap ilmiah kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,000 < 0,05. Maka dapat diketahui bahwa penerapan model Probem Based Learning pada materi sistem pernapasan terbukti berpengaruh terhadap kemampuan kognitif.
Article Details
Copyright (c) 2023 Dea Aprilia, Ely Djulia, Indah Nausati G
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms