Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif siswa dan sikap ilmiah siswa SMP kelas VIII pada materi sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasy eksperimen dengan desain two group pretest-posttest di salah satu SMP Negeri di Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 64 orang siswa, kelas VIII-7 adalah kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII-8 adalah kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif siswa, dan angket untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Data pretest dan posttest kemampuan kognitif pada kelas eksperimen adalah masing-masing 29,38 dan 79,79, sedangkan kelas kontrol adalah 30,21 dan 34,90. Data prequestionnaire dan postquestionnaire sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen adalah masing- masing 43,50 dan 65,12, sedangkan kelas kontrol adalah 43,37 dan 65,12. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample t-test untuk kemampuan kognitif dan uji Mann- Whitney untuk sikap ilmiah siswa. Berdasarkan uji hipotesis, penerapan model Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan terbukti berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aprilia, D., Ely Djulia, & Indah Nausati G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SMP Negeri 36 Medan pada Materi Sistem Pernapasan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 162–173. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.2.162-173