Main Article Content
Abstract
Petunjuk praktikum merupakan media yang memberikan tuntunan dan bantuan kepada instruktur pada saat menyiapkan pembelajaran. QR Code merupakan sebuah gambar dua dimensi yang menyajikan sebuah data, terutama data berbentuk teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan petunjuk praktikum berbasis QR Code di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, namun dimodifikasi menjadi 5 tahapan karena menyesuaikan dengan kebutuhan penelitian pengembangan adapun 5 langkah nya yaitu studi pendahuluan, merencanakan penelitian, pengembangan desain, uji coba lapangan awal terbatas, revisi hasil uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan persentase yang diperoleh dari ahli media 85,42%, ahli bahasa 81,67%, ahli materi 93,18%, dan uji keterbacaan oleh siswa adalah 92,78% yang menunjukan bahwa petunjuk praktikum berbasis QR Code yang dikembangkan sangat valid dan tidak perlu direvisi.
Article Details
Copyright (c) 2023 Selvia Octaline Selvia, Mareta Widiya, Ivoni Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms