Main Article Content

Abstract

Petunjuk praktikum merupakan media yang memberikan tuntunan dan bantuan kepada instruktur pada saat menyiapkan pembelajaran. QR Code merupakan sebuah gambar dua dimensi yang menyajikan sebuah data, terutama data berbentuk teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan petunjuk praktikum berbasis QR Code di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, namun dimodifikasi menjadi 5 tahapan karena menyesuaikan dengan kebutuhan penelitian pengembangan adapun 5 langkah nya yaitu studi pendahuluan, merencanakan penelitian, pengembangan desain, uji coba lapangan awal terbatas, revisi hasil uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan persentase yang diperoleh dari ahli media 85,42%, ahli bahasa 81,67%, ahli materi 93,18%, dan uji keterbacaan oleh siswa adalah 92,78% yang menunjukan bahwa petunjuk praktikum berbasis QR Code yang dikembangkan sangat valid dan tidak perlu direvisi.

Article Details

How to Cite
Selvia, S. O., Widiya, M., & Susanti, I. (2023). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Qr Code di SMAN Karang Jaya. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 187–196. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.2.187-196