Main Article Content

Abstract

Penyediaan sumber daya pengajaran yang lebih luas dan inovatif seperti modul pembelajaran sangat penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif terutama di sekolah berbasis pondok pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul keanekaragaman hayati berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas X MA di lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (define, design, development, dan dissemination). Validasi dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli desain, dan satu guru biologi. Responden terbatas hanya terdiri dari enam siswa kelas X IPA MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui kuesioner checklist menggunakan rating scale dan dilakukan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan modul memperoleh nilai dengan kriteria layak, dari segi materi (72,34%), segi desain (91,12%), guru biologi (83,33%), dan respon siswa (84%). Dengan ini, modul keanekaragaman hewan berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan di sekolah berbasis pondok pesantren.

Article Details

How to Cite
Fathir, A., Syarofah, I., & Antika, L. T. (2024). Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Inkuiri Terbimbing: Urgensi Pengembangan Media di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 158–166. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.158-166