Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Keterampilan Proses Sains materi keanekaragaman hayati sub materi klasifikasi makhluk hidup pada peserta didik SMA kelas X yang valid dan praktis serta dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terbatas dengan tahapan Analyze, Design, dan Development. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di kelas X SMA Gajah Mada 3 Palembang. Penelitian ini dilakukan pada uji coba kelompok kecil dengan subjek penelitian sebanyak 12 peserta didik pada kelas X. Indikator KPS yang dipilih adalah mengelompokan/klasifikasi, menafsirkan/interpretasi, berkomunikasi dan mengamati/observasi. Hasil persentase dari tiap indicator KPS adalah 91,6%; 89,5%; 85,4%; dan 83,3%.

Article Details

How to Cite
Amelia, R., Destiansari, E., & Amizera, S. (2024). Pengembangan LKPD Berorientasi Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati pada Usaha Tekstil Ecoprint Bagi Peserta Didik Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 220–234. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.220-234